Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Program ERP dan Fungsi ERP Manufaktur


ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning, yaitu sistem informasi bagi perusahaan manufaktur dan juga jasa agar operasional kerjanya lebih terintegrasi dengan otomatisasi. ProgramERP juga bisa diterapkan pada UMKM karena fungsi dan manfaatnya menguntungkan bagi badan usaha.

Terlebih lagi beberapa jenis sistem ERP merupakan software manufaktur gratis terbaik, yang mampu membuat perusahaan bertahan di tengah persaingan bisnis. Sebab membuat proses operasional lebih mudah dan minim kesalahan. Berikut ini beberapa fungsi dari ERP manufaktur yang bisa diterapkan pada perusahaan.

Fungsi ERP Manufaktur

Sistem ERP pada perusahaan memiliki peran penting, guna keberlangsungan usaha itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa fungsi program ERP dalam perusahaan yang bermanfaat dan menguntungkan.

1. Sebagai Penyimpanan Data

Sebuah perusahaan atau badan usaha tentu memiliki banyak data penting. Akan sangat menyulitkan sekaligus berisiko jika menyimpan serta mengaksesnya dalam bentuk fisik atau lembaran kertas. Disinilah fungsi ERP tersebut, yakni menyimpan data dengan aman dan cepat, serta memudahkan Anda dalam mengaksesnya.

2. Pengelola Inventaris

Inventaris merupakan salah satu hal penting bagi perusahaan. Sebab itulah ERP membantu mengelolanya dengan cara memantau stok di pasaran sekaligus mengidentifikasi barang apa saja yang diminati dan kurang diminati. Dengan begitu perusahaan dapat berproduksi dengan lancar, Anda juga lebih mudah membuat strategi dalam rangka pengembangan.

3. Menyatukan Seluruh Divisi dalam Perusahaan

Di dalam sebuah badan usaha atau perusahaan tentu memiliki banyak divisi berbeda. Agar kinerja lebih terintegrasi serta meminimalisir kesalahan data maupun analisa, ERP membuat semua divisi tersebut terhubung antara satu dengan lainnya.

4. Memudahkan Manajemen Perintah Kerja dan Mengatur Jadwal Produksi

Contoh tugas ERP selanjutnya yaitu meminimalisir kesalahan yang mungkin berakibat fatal pada proses produksi. Hal ini dilakukan dengan mengatur pembagian perintah kerja agar berjalan efektif dan baik. Selain itu, sistem ERP juga mengatur jadwal produksi dengan mengacu pada stok di pasaran agar stok tetap seimbang dan proses produksi berjalan lancar. 

5. Menghemat Biaya dan Membuat Laporan dengan Akurasi Tinggi

ERP manufaktur juga berfungsi menghemat biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dengan menjadikan proses operasional kerja lebih sederhana dan efisien. Selain itu, sistem ERP juga membantu membuat laporan perusahaan dengan lebih akurat. Bahkan sistem ini mampu melaporkan update perubahan proses manajemen secara real time.

Sangat banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dari penerapan program ERP pada perusahaan Anda. Pahami mekanisme kerjanya, kemudian sesuaikan dengam kebutuhan fungsinya. Maka Anda akan diuntungkan dengan beragam manfaat yang diberikannya. 

Posting Komentar untuk "Memahami Program ERP dan Fungsi ERP Manufaktur"