Revolusi Wilayah Jawa Barat: Kabupaten Bekasi Merumuskan Langkah Progresif dengan Konsep Kabupaten Bekasi Utara demi Kemajuan Kota Cikarang?

Revolusi Wilayah Jawa Barat: Kabupaten Bekasi Merumuskan Langkah Progresif dengan Konsep Kabupaten Bekasi Utara demi Kemajuan Kota Cikarang?

Ilustrasi kota-Pexels/pixabay-

Melirik sejarah, Kota Cikarang memang telah lama menjadi "rumah" bagi pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi.

Argumen ini semakin menguat dengan fakta bahwa syarat-syarat pembentukan Kota Cikarang telah terpenuhi.


Dengan kelima kecamatan yang bersiap untuk bergabung dengan Kota Cikarang, luas wilayahnya pun membentang luas, mencapai sekitar 25 kilometer persegi.

Baca juga: Fakta Kasus Masriah-Wiwik, Keluar dari Penjara Pelaku Kembali Lakukan Aksinya? Sempat Tolak Hadiri Persidangan

Baca juga: Viral Masriah Buang Tinja ke Rumah Tetangga Kembali Lakukan Aksinya, Kini Terima Gugatan Besar Senilai Rp 1 Milliar


×

Rinciannya adalah sebagai berikut: Kecamatan Cikarang Pusat membawahi area seluas 4,76 kilometer persegi, diikuti Kecamatan Cikarang Selatan dengan luas 5,17 kilometer persegi, dan Kecamatan Cikarang Timur yang membentang sejauh 5,13 kilometer persegi.

Tidak ketinggalan, Kecamatan Cikarang Utara menghadirkan kontribusi area seluas 4,33 kilometer persegi, sementara Kecamatan Cikarang Barat memberikan andilnya dengan luas wilayah 5,36 kilometer persegi.

Namun, peta perubahan ini tak hanya menghadirkan pergeseran geografis. Di sisi lain, tak bisa dipungkiri bahwa saat ini, Kota Cikarang telah mengungguli pamor Kabupaten Bekasi.

Geliat industri yang semakin melambung menjadikan Kota Cikarang sebagai salah satu kota industri terkemuka di Indonesia.

Mengawali kisah yang baru, rencana pembentukan Kota Cikarang mengajarkan bahwa di balik perubahan ada dinamika yang menarik untuk disimak.

***
Editor: Tika Rosmala
TAG: #pemekaran #wilayah #provinsi jawa barat #kabupaten bekasi #usul kabupaten bekasi utara #kota cikarang
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU