Berubah TOTAL! Begini Skema Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Timur, Kediri hingga Jember Dipastikan Pisah!

Berubah TOTAL! Begini Skema Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Timur, Kediri hingga Jember Dipastikan Pisah!

pemekaran-pexels.com/@tom-fisk-pexels.com/@tom-fisk

Baca juga: SPOILER Manga Rent a Girlfriend Chapter 296 Sub Indo, Baca di Situs Resmi Legal Bukan Komikindo: Misteri Pacarku Kembali Berlanjut

2. Provinsi Jawa Selatan atau Mataraman


Provinsi Jawa Selatan atau Mataraman juga merupakan hasil pemekaran wilayah di Jawa Timur.

Wilayah ini akan meliputi Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Ponorogo, serta Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Madiun, dan Kota Magetan.

Rencananya, ibu kota Provinsi Jawa Selatan atau Mataraman akan berlokasi di Kota Kediri.


×

Baca juga: Calon Pendaftar Cek Sekarang Juga! Simak Instansi dan Formasi CPNS 2023 yang Sudah Dibuka, Ada Mahkamah Agung hingga Kejaksaan RI

3. Provinsi Madura

Provinsi Madura juga termasuk dalam wacana pemekaran ini. Wilayah ini terdiri dari Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumenep, serta Kota Pamekasan.

Meskipun terpisah dengan Pulau Jawa, rencananya wilayah ini akan menjadi provinsi baru dengan ibu kota di Kota Pamekasan.

Wacana pemekaran wilayah ini masih dalam tahap awal dan perlu memenuhi sejumlah syarat serta persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pemekaran wilayah juga harus mempertimbangkan dampak dari segi ekonomi, infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan aspek lainnya terhadap masyarakat setempat.

Dalam perspektif yang lebih luas, rencana pemekaran wilayah ini membawa potret baru tentang tata ruang administratif Indonesia.

Proses pemekaran memerlukan analisis yang cermat dan komprehensif untuk memastikan dampak positif bagi masyarakat di semua tingkatan.

Wacana ini memberikan pandangan baru tentang upaya pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang dapat mendukung pembangunan berkelanjutan di daerah-daerah yang lebih terfokus.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU