Rencana Usul Pemekaran Jawa Tengah dengan Menggabungkan 1 Kota dan 4 Kabupaten di Daerah Jasela, Berikut Manfaat yang Ditawarkannya!

Rencana Usul Pemekaran Jawa Tengah dengan Menggabungkan 1 Kota dan 4 Kabupaten di Daerah Jasela, Berikut Manfaat yang Ditawarkannya!

Ilustrasi kota-bulletrain743/pixabay-

Redaksi.co.id - Rencana Usul Pemekaran Jawa Tengah dengan Menggabungkan 1 Kota dan 4 Kabupaten di Daerah Jasela, Berikut Manfaat yang Ditawarkannya!

Pelan tapi pasti, wacana meruncingnya Provinsi Jawa Selatan (Jasela) dari hasil pemekaran wilayah Provinsi Jawa Tengah telah merajai obrolan hangat masyarakat.


Dalam kisah menarik ini, Jawa Tengah, yang menempati posisi sebagai provinsi terbesar ketiga di Pulau Jawa, dengan luas lahan yang mengagumkan, yaitu 34.337,48 kilometer persegi, memainkan peran sentral.

Baca juga: 7,8 Km dari Pusat Kota Sleman! Kota Ini Simpan Bangunan Mistis yang Kini Terbengkalai, Horor dan Merinding Ternyata Bekas Lahan Bambu

Baca juga: Kapan Jadwal Tayang Live Action One Piece Season 2 Sub Indo Full Episode Streaming Netflix? Cek Info Berikut Lengkap Link Nonton Terbaru!


×

Pada tahun 2022, penduduk Jawa Tengah mencapai 37 juta orang, tersebar merata di 29 kabupaten dan 6 kota yang menjadi bagian darinya.

Namun, pandangan baru muncul melalui suara Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Abdul Kholik, yang menjernihkan pandangannya dalam Focus Group Discussion (FGD) di Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada 29 Maret 2022.

Rencana itu menggambarkan peta menuju Provinsi Jasela, yang akan berdiri dengan anggun di bagian selatan Jawa Tengah.

Dan tidak tanggung-tanggung, wilayah ini akan membawa dalam dekapannya beberapa kabupaten dari Karesidenan Banyumas: Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Purwokerto.

Baca juga: Hotel Ini Berdiri di Bekas Lahan Alas? Berjarak 7 Km dari Bedugul Bali, Hotel Ini Punya Kisah Mistis Kini Terbengkalai?

Baca juga: Sejarah Si Manja, Jembatan di Sumut yang Menghubungkan Desa-Desa Fenomenal dengan Riwayat Jalan Esktrim se-Indonesia Ternyata Dulunya Bekas Rel Kereta Api

Konsep pemekaran ini memiliki kecocokan yang sempurna dengan visi tiga poros ekonomi di Jawa Tengah: poros utara dengan pusat ekonomi Semarang.

Poros timur dengan kibaran ekonomi Solo Raya, dan jangan lupakan poros selatan dengan sorotan ekonomi Banyumas Raya atau Purwokerto.

Jelas, ada sebab tersembunyi di balik gempuran rencana hebat ini: pengembangan potensi tersembunyi, pematahan kesenjangan pembangunan, penyediaan pelayanan yang lebih dekat di hati masyarakat, dan langkah maju kesejahteraan penduduk.

Dan ini bukan hanya dari segi efektivitas pemerintahan saja, melainkan juga dalam pengelolaan yang lebih terarah dan dekat.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU