Cinambo Singkatannya Apa? Benarkah Berasal dari Terinspirasi dari Bahasa Ibrani yang Penuh Arti Mendalam, Kalau Cihampelas Artinya Apa?

Cinambo Singkatannya Apa? Benarkah Berasal dari Terinspirasi dari Bahasa Ibrani yang Penuh Arti Mendalam, Kalau Cihampelas Artinya Apa?

desa-10634669/pixabay-

Jika Anda mengamati nama-nama daerah di Jawa Barat, banyak di antaranya berasal dari singkatan yang unik. Inilah tiga di antaranya:

1. Cibiru: Asal Usul Nama yang Menarik


Cibiru, yang terletak di daerah Bandung Timur, adalah salah satu contoh nama daerah yang berasal dari singkatan.

Menurut laman desawisata-cibiruwetan.com, nama Cibiru berasal dari kata "cai" yang artinya "ci" dan "biru" yang artinya "mata air."

Pohon biru yang ada di RT 04 RW 07 Kampung Cibiru Tonggoh, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, menjadi sumber inspirasi untuk nama ini.


×

Dikatakan bahwa pohon biru ini mengeluarkan mata air yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Jadi, Cibiru mengacu pada mata air yang keluar dari pohon biru, bukan air berwarna biru seperti yang mungkin banyak orang kira.

Baca juga: LINK Nonton Kamen Rider Gotcard Episode 1 Sub Indonesia, Tayang Perdana Gratis Hanya di Situs Legal Ini

2. Cinambo: Nama dengan Makna Mendalam

Cinambo adalah nama daerah lain di Jawa Barat yang memiliki asal usul yang menarik.

Nama ini berasal dari kata "ci," yang berarti air, dan "nambeu" yang berarti bekas dasar sungai atau menggenang.

Pada awal abad ke-19, Cinambo berlokasi di sepanjang Rawa Gegerhanjuang. Secara geografis, Cinambo terletak di dataran rendah yang berasal dari aliran sungai yang kering.

Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa Cinambo berasal dari kata "ci" yang artinya "cai" dan "numbu" yang berarti "nyambung."

Daerah Cinambo dikelilingi oleh empat sungai, yaitu Sungai Cilutung, Ciburuy, Cipager, dan Ciwaru.

Baca juga: Mengapa Diberi Nama Cibiru? Simak 3 Daerah di Jawa Barat yang Namanya Berasal dari Singkatan, Bandung Termasuk Apa Tidak?

TAG: #cinambo
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU