Rencana PEMEKARAN Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Proyeksi Batas Wilayah Kabupaten Muna Menuju Calon Ibukota Provinsi Muna Raya, Apakah Berhasil?

Rencana PEMEKARAN Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Proyeksi Batas Wilayah Kabupaten Muna Menuju Calon Ibukota Provinsi Muna Raya, Apakah Berhasil?

Ilustrasi pemekaran kota-zephylwer0/pixabay-

Kedua calon provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Tenggara ini memiliki detail sebagai berikut:

Provinsi Muna Raya Usulan pertama adalah pembentukan Provinsi Muna Raya sebagai hasil pemekaran wilayah dari Provinsi Sulawesi Tenggara, atau yang lebih dikenal dengan Provinsi Sultra.


Alasan utama di balik langkah ini adalah jarak yang memisahkan pulau-pulau dalam wilayah tersebut dan tujuan untuk meratakan pembangunan.

Oleh karena itu, dua kabupaten di Pulau Muna memutuskan untuk berpisah dari provinsi induk, yaitu Kabupaten Muna dan Kabupaten Muna Barat.

Baca juga: Siap-siap Warga Jombang Berpesta! Rute Lengkap Jombang Culture Carnival 2023, Peringatan Kemerdekan RI ke-78


×

Baca juga: Berjarak 110 Km dari Balikpapan! Perkampungan di Kalimantan Timur Ini Dipercaya Rumah Makhluk Gaib, Waduh Masyarakatnya Gimana?

Namun, tentu saja syarat minimal lima daerah belum terpenuhi dalam usulan ini. Oleh karena itu, rencananya adalah melakukan pemekaran di tingkat kabupaten. Kabupaten Muna sendiri akan melakukan pemekaran wilayah dengan membentuk satu kota dan tiga kabupaten baru.

Kota yang diusulkan sebagai pusat pemerintahan baru adalah Kota Raha, yang berpotensi menjadi ibukota bagi Provinsi Sulawesi Tenggara atau Sultra yang baru.

Dengan langkah-langkah berani dan rencana yang matang, tampaknya pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara menuju dua provinsi baru ini adalah suatu hal yang menarik untuk terus kita ikuti.

Semua langkah ini diambil dengan pertimbangan matang demi memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU