Rencana PEMEKARAN Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Proyeksi Batas Wilayah Kabupaten Muna Menuju Calon Ibukota Provinsi Muna Raya, Apakah Berhasil?

Rencana PEMEKARAN Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Proyeksi Batas Wilayah Kabupaten Muna Menuju Calon Ibukota Provinsi Muna Raya, Apakah Berhasil?

Ilustrasi pemekaran kota-zephylwer0/pixabay-

Redaksi.co.id - Rencana PEMEKARAN Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Proyeksi Batas Wilayah Kabupaten Muna Menuju Calon Ibukota Provinsi Muna Raya, Apakah Berhasil?

Wacana menarik terus mengemuka! Kabar mengenai pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dan usulan pembentukan 2 provinsi baru telah menjadi sorotan hangat.


Meskipun ada hambatan berupa moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat, semangat untuk membagi wilayah ini tetap membara.

Baca juga: Sangat Menjanjikan! Kilas Balik Pemekaran Sulawesi Tenggara, Menggali Potensi Sumber Daya Alam di Masa Depan Provinsi Kepulauan Buton

Baca juga: 5,000 Ha Luasnya! 10 Wisata Favorit di Bangkalan Madura Ini Simpan Bangunan Super Misterius dan Keindahan Kharismatik


×

Keputusan ini bukanlah tanpa alasan, mengingat wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki luas mencapai 36.160 kilometer persegi.

Selain itu, jumlah penduduknya mencapai 2.755.589 jiwa menurut data hasil sensus penduduk BPS pada tahun 2020.

Namun, terdapat tantangan yang harus dihadapi dalam usulan ini. Salah satu calon provinsi baru memiliki tantangan yang cukup berani.

Pasalnya, usulan ini hanya berasal dari dua kabupaten, sementara syarat minimal untuk membentuk provinsi baru adalah lima daerah.

Baca juga: Rekomendasi Lima Destinasi Penenang Pikiran di Kota Malang yang Sangat Sesuai untuk Meredakan Tekanan Mental dan Kelelahan!

Baca juga: Taz Skylar sebagai Sanji dalam Serial One Piece Live Action, Cek Profil Lengkap Biodata Riwayat Hidup, Usia dan Akun Instagramnya, Keunggulannya?

Untuk mengatasi hal ini, salah satu kabupaten yang mengusulkan pemekaran wilayah akan melakukan langkah berani dengan membentuk satu kota dan tiga kabupaten baru.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU