Sulawesi Selatan Siap Berpisah Jadi Tiga Provinsi yang Terhubung Lewat Pemekaran dan Gabungan Wilayah, Siapa Diantaranya?

Sulawesi Selatan Siap Berpisah Jadi Tiga Provinsi yang Terhubung Lewat Pemekaran dan Gabungan Wilayah, Siapa Diantaranya?

pemekaran-Leonhard_Niederwimmer/pixabay-

Provinsi Bugis Timur

Lewat kerumunan mimpi dan kerja keras, muncul cahaya Provinsi Bugis Timur sebagai penanda perubahan di Provinsi Sulawesi Selatan.


Daerah ini menampakkan kemegahan dalam potretnya yang baru, dengan 6 kabupaten yang berdiri kokoh bersama calon Provinsi Bugis Timur.

Bone, Wajo, Sidenreng Rappang (Sidrap), Sinjai, Soppeng, dan Bulukumba membentuk pilar-pilar kekuatan yang tak tergoyahkan.

Kota pusat kekuatan ini akan mendarat di Kabupaten Bone, sebuah pusat yang akan menggeliat sebagai ibukota Provinsi Bugis Timur.


×

Dengan populasi yang mencapai 2 juta jiwa, setara dengan 22 persen dari total penduduk Sulawesi Selatan, wilayah ini memberikan warna baru dalam spektrum kesatuan Indonesia.

Dalam lukisan luas seluas 11.300 kilometer persegi, Provinsi Bugis Timur mengukir nama dengan gayanya sendiri. Kota-kota seperti Palattae, Pompanua, Tanruteding, dan Lappariaja menambah daya tarik wilayah ini.

Baca juga: Kudus Kota Soto Makin Berjaya dan Tindas Semarang Usai Perusahaan Raksasa se-Indonesia Berikan 100 Miliar untuk Buat Stadion FIFA Dari Bekas Lapangan Desa

Baca juga: LINK Baca Manhwa Into the Light Once Again Chapter 81 Sub Indo, Link Baca Mudah Hanya di Kakaopage Bukan Komikcast

Provinsi Tana Toraja

Tinggi di udara terdengar berita tentang pembentukan Provinsi Tana Toraja, yang membawa udara segar dari dataran tinggi Sulawesi Selatan.

Wacana ini mempertemukan tiga kabupaten: Tana Toraja, Toraja Utara, dan Mamasa. Tidak hanya itu, kabupaten dari Sulawesi Barat, yakni Mamasa, ikut menciptakan sinergi baru dalam konstelasi ini.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU