Sulawesi Selatan Siap Berpisah Jadi Tiga Provinsi yang Terhubung Lewat Pemekaran dan Gabungan Wilayah, Siapa Diantaranya?

Sulawesi Selatan Siap Berpisah Jadi Tiga Provinsi yang Terhubung Lewat Pemekaran dan Gabungan Wilayah, Siapa Diantaranya?

pemekaran-Leonhard_Niederwimmer/pixabay-

Pemekaran ini menghasilkan perubahan signifikan dengan lahirnya Kota Makale dan Kabupaten Toraja Barat dari Kabupaten Tana Toraja.

Begitu juga dengan Toraja Utara, yang melahirkan Kabupaten Toraja Barat. Masa depan bercahaya di Kota Makale, yang menawarkan potensi sebagai ibukota Provinsi Tana Toraja.


Sementara Sulawesi Selatan tetap berdiri megah dengan wilayah seluas 17.721 kilometer persegi setelah pemekaran ini.

Dengan jumlah penduduk sekitar 5 juta jiwa, yang melambangkan sekitar 65 persen dari sebelum pemekaran, wilayah ini memberikan ruang bagi Kota Makassar, Pinrang, Barru, Enrekang, Pangkep, Maros, Takalar, Jeneponto, Selayar, Bantaeng, Pare-pare, dan Gowa untuk terus bersinar dalam kemeriahan persatuan Indonesia.

Melangkah menuju kemandirian, tiga calon provinsi ini mengejawantahkan semangat persatuan dalam mozaik warna yang lebih kaya.


×

Potret baru ini memancarkan semangat masa depan, di mana masing-masing wilayah akan tumbuh dan berkembang dengan cerita baru yang penuh harapan.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU