Pesona Tak Tertandingi Pulau Nusakambangan, Mengupas Surga Tersembunyi dalam Calon Provinsi Jasela serta 5 Fakta Unik yang Menakjubkan!

Pesona Tak Tertandingi Pulau Nusakambangan, Mengupas Surga Tersembunyi dalam Calon Provinsi Jasela serta 5 Fakta Unik yang Menakjubkan!

Ilustrasi kota-ikedaleo/pixabay-

Kehidupan bawah laut yang kaya akan warna dan ragam, menghadirkan pengalaman berbeda di setiap kedalaman.

Menyelam di perairan Pulau Nusakambangan bukan sekadar aktivitas, melainkan cara untuk merenungkan keindahan tersembunyi yang tak tergambarkan dengan kata-kata.


Tetapi tak hanya bagi pencinta petualangan, Pulau Nusakambangan juga menjadi tempat pelarian bagi mereka yang menginginkan ketenangan dari hiruk-pikuk rutinitas sehari-hari.

Baca juga: 201 Orang Kehilangan Mata Pencaharian, Inilah Misteri Dibalik Kebangkrutan PT. Batanghari Bengkulu Pratama, Ternyata Bukan Akibat Masalah Hutang, Melainkan...

Dikelilingi oleh kedamaian alam, pulau ini menjadi tempat ideal untuk merenung, meresapi keindahan, dan menjauh sejenak dari keramaian dunia.

5 Fakta Unik Tentang Pulau Nusakambangan di Kabupaten Cilacap calon Provinsi Jasela


×

Tempatnya Para Narapidana

Pulau Nusakambangan memiliki peran ganda sebagai rumah beberapa lembaga pemasyarakatan. Lapas Kelas II A Besi, Lapas II A Narkotika, Lapas II A Kembang Kuning, Lapas II A Permisan, Lapas IIA Pasir Putih, Lapas Kelas IIA Karanganyar, serta Lapas kelas II B Terbuka berdiri di pulau ini.

Baca juga: Kisah Kelam Tragedi Bangkrutnya Pabrik Karet Terbesar di Indonesia yang ada di Bengkulu, 20 Tahun Berdiri Kini Hanya Sisakan Puing-Puing Penuh Misteri, PHK 201 Pekerja

Lapas High Risk di pulau ini diperkuat dengan sistem keamanan maksimum, ditandai dengan konstruksi bangunan dan tembok keliling berlapis.

Pulau Bunga Wijayakesuma

Sejarah Pulau Nusakambangan mencatat bahwa pada tahun 1580-an, Dinasti Mataram menemukan pulau ini. Dahulu, pulau ini dijadikan tempat pelaksanaan ritual oleh kerabat Dinasti Mataram.

Legenda bahkan mengisahkan bahwa Amangkurat I mengutus Ki Pranataka untuk mencari bunga Wijayakusuma yang konon bisa mengembalikan takhta Amangkurat I.

Pesona Wisata yang Menggoda

Meskipun terkenal sebagai tempat yang tertutup, Pulau Nusakambangan menyimpan kawasan terbuka bagi pariwisata. Para napi yang sudah menjalani asimilasi sebelumnya menjadi pedagang dan pemandu wisata di pulau ini.

Baca juga: Kapan Jadwal Tayang Live Action One Piece Season 2 Sub Indo Full Episode Streaming Netflix? Cek Info Berikut Lengkap Link Nonton Terbaru!

Suvenir khas, seperti kerajinan tangan dan batu akik, dapat ditemukan di sini. Pantai Cimiring, Pantai Permisan, Goa Ratu, Goa Putri, dan Goa Masigit Selo adalah destinasi wisata yang memukau para pengunjung.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU