Pemekaran Jawa Tengah! Kabupaten Paling Luas di Provinsi Jasela Hingga Dapat Sebutan Al Catraz Indonesia, Tebak Siapa?

Pemekaran Jawa Tengah! Kabupaten Paling Luas di Provinsi Jasela Hingga Dapat Sebutan Al Catraz Indonesia, Tebak Siapa?

Ilustrasi pemekaran-Mutinka/pixabay-

Redaksi.co.id - Pemekaran Jawa Tengah! Kabupaten Paling Luas di Provinsi Jasela Hingga Dapat Sebutan Al Catraz Indonesia, Tebak Siapa?

Kabupaten Cilacap, salah satu permata tersembunyi di calon Provinsi Jawa Selatan (Jasela), memukau dengan pesona budayanya yang kaya dan keindahan alamnya yang tak tertandingi.


Pemekaran dari Jawa Tengah, wilayah ini bukan hanya sebagai pusat industri yang ramai, tetapi juga sebagai tempat di mana budaya Jawa (Banyumasan) dan budaya Sunda (Priangan Timur) bertemu harmonis.

Baca juga: 29 Km dari Pusat Kota Boyolali! Desa Ini Dipercaya Jadi Sarang Kuntilanak, Bikin Kaget Warganya Bahkan Sering Ketemu?

Baca juga: Kota Literatur Kuno di Jambi Berencana Pemekaran Wilayah, Tapi Bukan untuk Membentuk Provinsi Baru, Melainkan 2 Kabupaten Tambahan!


×

Cilacap, sering disebut sebagai "Al Catraz Indonesia," memiliki daya tarik yang memukau, terutama berkat keberadaan Pulau Nusakambangan yang misterius dan eksotis.

Luas wilayah Kabupaten Cilacap mencapai 213.850 hektar, yang setara dengan sekitar 6,94 persen dari total luas Provinsi Jawa Tengah, tanpa menghitung Pulau Nusakambangan yang seluas 11.511 hektar.

Kecamatan Wanareja, dengan luas mencapai 18.973,31 hektar, mengemuka sebagai kecamatan terluas di dalam kabupaten ini. Sementara itu, Kecamatan Cilacap Selatan memiliki wilayah terkecil dengan luas hanya 910,61 hektar.

Namun, yang lebih menarik adalah destinasi wisata unggulan Cilacap, yaitu Pantai Teluk Penyu. Pantai ini telah menjadi magnet bagi para wisatawan yang berkunjung ke Cilacap, Jawa Tengah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU