Luas! Sulawesi Utara Dikembangkan Melalui Pemekaran Wilayah dan Kebesaran Tambang Emas yang Dimiliki Oleh Salah Satu Pengusaha Indonesia, Siapa Itu?

Luas! Sulawesi Utara Dikembangkan Melalui Pemekaran Wilayah dan Kebesaran Tambang Emas yang Dimiliki Oleh Salah Satu Pengusaha Indonesia, Siapa Itu?

Ilustrasi kota-igormattio/pixabay-

PT Tambang Tondano Nusajaya, PT Gorontalo Sejahtera Mining, PT J Resources Bolaang Mongondow, PT Tambang Mas Sangihe, dan PT Meares Soputan Mining adalah lima pilar utama dalam mewujudkan potensi emas yang ada.

Ketertarikan terhadap potensi tambang emas di Sulawesi Utara tidak hanya dibuktikan melalui perusahaan-perusahaan besar.


Tetapi juga melalui 13 perusahaan lain yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) dengan total luas lahan 18.737,92 hektar. Angka yang luar biasa ini menggambarkan seberapa berharga emas bagi wilayah ini.

Baca juga: Semarang Kalah Jauh, Indramayu Punya 9 Nama Desa Unik yang Berasal dari Kat-Kata Nyentrik Nomor 3 Sering Digunakan Cewek-Cewek Saat Bertengkar

Namun, cerita menarik terus berkembang. Update terbaru mengenai pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Utara mengusulkan pembentukan dua provinsi baru.


×

Langkah ini sejalan dengan aspirasi warga dan tokoh masyarakat setempat, meskipun masih ada moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang diberlakukan oleh Pemerintah Pusat.

Baca juga: Sudahkah  Live Action One Piece Season 2 Sub Indo Full Episode Streaming Netflix Ditayangkan? Simak Jadwal Berikut dan Nonton Mudah di Situs Legal Bukan LK21 atau Loklok!

Pemekaran wilayah ini tampaknya adalah langkah yang realistis mengingat luas wilayah Provinsi Sulawesi Utara yang mencapai 14.500 kilometer persegi.

Jumlah penduduk yang signifikan, yaitu 2.666.821 jiwa menurut sensus penduduk BPS tahun 2022, memberikan pijakan kuat untuk langkah ini.

Provinsi Sulawesi Utara juga memiliki karakteristik menarik, dengan 4 kota, 11 kabupaten, 287 pulau, dan 59 pulau yang dihuni penduduk.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU