Luas! Sulawesi Utara Dikembangkan Melalui Pemekaran Wilayah dan Kebesaran Tambang Emas yang Dimiliki Oleh Salah Satu Pengusaha Indonesia, Siapa Itu?

Luas! Sulawesi Utara Dikembangkan Melalui Pemekaran Wilayah dan Kebesaran Tambang Emas yang Dimiliki Oleh Salah Satu Pengusaha Indonesia, Siapa Itu?

Ilustrasi kota-igormattio/pixabay-

Redaksi.co.id - Luas! Sulawesi Utara Dikembangkan Melalui Pemekaran Wilayah dan Kebesaran Tambang Emas yang Dimiliki Oleh Salah Satu Pengusaha Indonesia, Siapa Itu?

Provinsi Sulawesi Utara, sebuah wilayah yang telah mengalami pemekaran, menawarkan kekayaan alam yang memukau, terutama dalam sektor pertambangan emas.


Salah satu kisah gemilang dalam industri ini adalah tambang emas Toka Tindung, yang menjadi kebanggaan pengusaha Indonesia, khususnya Peter Sondakh yang memiliki kendali atasnya.

Baca juga: Nabung Yuk! Harga Tiket Konser Kim Sejeong di Jakarta Oktober 2023, Simak Jadwal dan Benefit Ikut Konser

Baca juga: Urang Sunda Ngarti Teu? Berjarak 121 Km dari Bandung, Pendopo Bupati Mistis di Majalengka Ini Punya Kisah Mistis Dihuni Sosok Berhantu


×

Terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, tambang emas ini dikelola oleh PT Archi Indonesia Tbk, yang dikenal juga sebagai PT Arci.

Berdiri di atas lahan seluas 40 hektar, tambang emas Toka Tindung tidak hanya menggabungkan teknologi modern, tetapi juga mengemban tanggung jawab lingkungan yang luar biasa.

Di tengah kesuksesannya dalam mengelola harta karun ini, tambang emas Toka Tindung telah menjadi simbol inovasi dan prestasi luar biasa dalam pengelolaan sumber daya alam di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Utara telah membawa dampak positif terhadap sektor pertambangan emas. Sejumlah kabupaten di wilayah ini telah dianggap sebagai surga bagi industri ini.

Terutama Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Baca juga: Semarang Kalah Jauh, Indramayu Punya 9 Nama Desa Unik yang Berasal dari Kat-Kata Nyentrik Nomor 3 Sering Digunakan Cewek-Cewek Saat Bertengkar

Baca juga: 201 Orang Kehilangan Mata Pencaharian, Inilah Misteri Dibalik Kebangkrutan PT. Batanghari Bengkulu Pratama, Ternyata Bukan Akibat Masalah Hutang, Melainkan...

Keempat kabupaten ini memiliki potensi luar biasa dalam menghasilkan emas yang membanggakan. Bukan hanya itu, lima perusahaan yang memegang kontrak karya dari Pemerintah Pusat turut berperan dalam mengoptimalkan potensi pertambangan emas di daerah ini.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU