Menggali Cerita Kejayaan Tambang Emas Toka Tindung di Sulawesi Utara, Sungguh Luar Biasa! Anda Wajib Tau Asal Usulnya!

Menggali Cerita Kejayaan Tambang Emas Toka Tindung di Sulawesi Utara, Sungguh Luar Biasa! Anda Wajib Tau Asal Usulnya!

Ilustrasi/Menggali Cerita Kejayaan Tambang Emas Toka Tindung di Sulawesi Utara, Sungguh Luar Biasa! Anda Wajib Tau Asal Usulnya!-12019 /pixabay-

Pemekaran Wilayah dan Surga Tambang Emas

Dalam konteks pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Utara, terdapat empat kabupaten yang terkenal sebagai surga tambang emas: Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow (atau Bolmong), dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (atau Boltim).


Baca juga: Mengungkap Nama-Nama Desa Unik di Bumi Jawa Barat, Bukan di Bandung tapi Indramayu yang Miliki 309 Desa dengan 9 Nama yang Unik Nomor 2 Biasanya ada di Pasar

Baca juga: Urang Sunda Ngarti Teu? Berjarak 121 Km dari Bandung, Pendopo Bupati Mistis di Majalengka Ini Punya Kisah Mistis Dihuni Sosok Berhantu

Keempat kabupaten ini adalah sumber emas terbesar yang menjadi daya tarik utama bagi industri pertambangan di daerah ini.


×

Selain itu, terdapat lima perusahaan pemegang kontrak karya dari Pemerintah Pusat yang beroperasi dalam sektor tambang emas.

Baca juga: Nabung Yuk! Harga Tiket Konser Kim Sejeong di Jakarta Oktober 2023, Simak Jadwal dan Benefit Ikut Konser

Baca juga: Sudah SIAP! Rencana Baru Pemekaran di Jawa Tengah, 1 Kota dan 4 Kabupaten Akan Bersatu di Jasela Dalam Satu Provinsi, Ini Potensi yang Ditawarkan?

PT Tambang Tondano Nusajaya, PT Gorontalo Sejahtera Mining, PT J Resources Bolaang Mongondow, PT Tambang Mas Sangihe, dan PT Meares Soputan Mining merupakan pemain penting dalam eksploitasi emas di wilayah ini.

Potensi Baru di Sulawesi Utara

Tidak hanya itu, Sulawesi Utara memiliki potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui penambangan emas. Terdapat 13 perusahaan dengan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang menguasai lahan seluas 18.737,92 hektar.

Angka ini mencerminkan potensi besar dalam industri pertambangan emas di Provinsi Sulawesi Utara, dengan potensi emas mencapai 51,1 juta ton.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU