Sulawesi Bergerak Maju: Merunut Rencana Pemekaran Wilayah dan Upaya Pembentukan Delapan Provinsi Baru, Dekat dengan Kota Makassar?

Sulawesi Bergerak Maju: Merunut Rencana Pemekaran Wilayah dan Upaya Pembentukan Delapan Provinsi Baru, Dekat dengan Kota Makassar?

Ilustrasi-Leonhard_Niederwimmer/pixabay-

Redaksi.co.id - Sulawesi Bergerak Maju: Merunut Rencana Pemekaran Wilayah dan Upaya Pembentukan Delapan Provinsi Baru, Dekat dengan Kota Makassar?

Sulawesi Selatan selalu memiliki kisah menarik dalam sejarah pemekaran wilayahnya. Tidak jauh dari jantung Kota Makassar, ibukota provinsi ini, terdapat sebuah permata yang tengah bersiap untuk bersinar lebih terang.


Kabupaten Bone, nama yang mengandung kekuatan sejarah, terletak sekitar 174 kilometer di sebelah utara Kota Makassar. Namun, kali ini, kabupaten ini memiliki rencana besar: menjadi calon ibukota bagi provinsi baru yang bernama Provinsi Bugis Timur.

Baca juga: TERBARU! Link Baca Manhwa Skip And Loafer Chapter 54 Bahasa Indonesia, Simak Preview Lengkap Chapter 54 Bukan Komikcast Tapi Disini

Baca juga: Lidah Buaya untuk Rambut Lebih Subur, Mengupas Mitos dan Kegunaan Tradisional dalam Merawat Rambut, Cek Sekarang!


×

Dengan luas wilayah mencapai 4.559 kilometer persegi, Kabupaten Bone menjadi kabupaten terluas ketiga di Sulawesi Selatan.

Melalui pertumbuhan yang mantap, kabupaten ini telah menjelma menjadi potret perkembangan yang mengesankan. Data terbaru dari BPS tahun 2023 mencatat jumlah penduduk Kabupaten Bone mencapai 819.590 jiwa.

Jangan khawatir tentang kelengkapan fasilitas publik, sebab Kabupaten Bone terbagi menjadi 27 kecamatan, 44 kelurahan, dan 328 desa yang siap melayani kebutuhan masyarakat.

Tak hanya itu, letak geografis Kabupaten Bone juga menarik untuk dijelajahi. Terletak di sebelah timur Kota Makassar, dengan koordinat 4° 13'-506' lintang selatan dan 119° 42'-120° 30' bujur timur, kabupaten ini menghadap langsung ke kemegahan Teluk Bone.

Baca juga: Gunung Terbesar di Pulau Jawa Setinggi 3,367 Mdpl Ini Awalnya Bukan Terletak di Jawa Timur, Hah Masa? Legenda Terbentuknya Gunung Semeru yang Wajib Kamu Tahu!

Baca juga: Mitos atau Fakta Bahwa Lidah Buaya Dapat Meningkatkan Kesuburan Rambut, Benar Adanya Atau Sekedar Legenda?

Sementara di sebelah utara, Kabupaten Bone berbatasan dengan Kabupaten Wajo dan Kabupaten Soppeng, dan di sebelah selatan dengan Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Gowa.

Di sisi barat, kabupaten ini berkomunikasi dengan Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, dan Kabupaten Barru. Namun, cerita ini belum berakhir. Rencana pemekaran wilayah di Sulawesi Selatan kini semakin menggema.

Meskipun moratorium DOB (Daerah Otonom Baru) masih berlaku dari Pemerintah Pusat, semangat untuk melihat lebih banyak provinsi tumbuh semakin kuat.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU