BERSIAP! Berjarak Ratusan KM dari Makassar, Wacana Pemekaran Wilayah Pulau Sulawesi Bakal Terealisasikan dan Terbentuk Delapan Provinsi Anyar?

BERSIAP! Berjarak Ratusan KM dari Makassar, Wacana Pemekaran Wilayah Pulau Sulawesi Bakal Terealisasikan dan Terbentuk Delapan Provinsi Anyar?

Ilustrasi-hbieser/pixabay-

Redaksi.co.id - BERSIAP! Berjarak Ratusan KM dari Makassar, Wacana Pemekaran Wilayah Pulau Sulawesi Bakal Terealisasikan dan Terbentuk Delapan Provinsi Anyar?

Siapa yang tak kenal dengan keindahan Sulawesi Selatan? Nah, di tengah gemuruh perkembangan wilayah, Kabupaten Bone berdiri gagah, terletak 174 kilometer dari pusat gemerlapnya, Kota Makassar, ibu kota provinsi.


Namun, cerita menarik tak berhenti di situ. Kabupaten Bone ini, katanya, sedang merencanakan sesuatu yang spektakuler: menjadi ibu kota Provinsi Bugis Timur yang bakal baru!

Baca juga: Ingin Tahu Lebih tentang Pemekaran? Telusuri Daerah Paling Sukses di Sulawesi Barat Lewat Informasi Lengkapnya di Tulisan Ini!

Baca juga: Gunung Terbesar di Pulau Jawa Setinggi 3,367 Mdpl Ini Awalnya Bukan Terletak di Jawa Timur, Hah Masa? Legenda Terbentuknya Gunung Semeru yang Wajib Kamu Tahu!


×

Bayangkan, wilayah Kabupaten Bone meliputi lahan seluas 4.559 kilometer persegi, menjadikannya kabupaten terluas ketiga di Sulawesi Selatan.

Bukan hanya luasnya yang mengagumkan, penduduknya juga tak main-main, mencapai angka 819.590 jiwa menurut data BPS tahun 2023. Ini sungguh sebuah kisah yang menarik!

Apa lagi yang menambah keseruan cerita? Kabupaten Bone tak hanya terdiri dari angka-angka, tapi juga dari 27 kecamatan, 44 kelurahan, dan 328 desa yang menjadikannya semakin hidup.

Lokasinya pun tak kalah menarik, terletak di sebelah timur Kota Makassar dengan koordinat 4° 13'-506' Lintang Selatan dan antara 119° 42'-120° 30' Bujur Timur.

Baca juga: TERBARU! Link Baca Manhwa Skip And Loafer Chapter 54 Bahasa Indonesia, Simak Preview Lengkap Chapter 54 Bukan Komikcast Tapi Disini

Baca juga: Lidah Buaya untuk Rambut Lebih Subur, Mengupas Mitos dan Kegunaan Tradisional dalam Merawat Rambut, Cek Sekarang!

Namun, di balik semua ini, ada sebuah rahasia menarik. Pemekaran wilayah Sulawesi Selatan ternyata berhubungan erat dengan Kabupaten Bone yang siap menjadi ibu kota Provinsi Bugis Timur. Jadi, kalau berbicara batas wilayah, Kabupaten Bone ini bermain peran penting!

Ibarat panggung pertunjukan, di utara Kabupaten Bone beradu dengan Kabupaten Wajo dan Kabupaten Soppeng. Tak hanya itu, di utara lautnya, Teluk Bone menyapa dengan lembut.

Pindah ke barat, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, dan Kabupaten Barru berjajar rapi, menyuguhkan pemandangan yang memesona. Tak ketinggalan, di selatan, Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Gowa turut ambil bagian dalam kisah Kabupaten Bone.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU