Walah Kok Gini? 5 Kabupaten Ini Putuskan Berpisah dari Kalimantan Tengah Usai Wacana Pemekaran Berlanjut, Kasian Palangkarya Sendirian Dong

Walah Kok Gini? 5 Kabupaten Ini Putuskan Berpisah dari Kalimantan Tengah Usai Wacana Pemekaran Berlanjut, Kasian Palangkarya Sendirian Dong

daerah-donald-tong/pexels-

REDAKSI.co.id - Walah Kok Gini? 5 Kabupaten Ini Putuskan Berpisah dari Kalimantan Tengah Usai Wacana Pemekaran Berlanjut, Kasian Palangkarya Sendirian Dong. 

Astaga! Kabupaten Ini Pilih Menyingkir dari Kalteng Usai Pulau Kalimantan Sepakat Lakukan Pemekaran dan Buat Wilayah Seluas 53,237 Km. 


Kabar tentang usulan pemekaran provinsi baru semakin merayap dalam lingkaran masyarakat.

Wacana tentang kehadiran Provinsi Barito Raya semakin menguat dengan adanya rencana penggabungan dua daerah yang memiliki sejarah dengan pemekaran wilayah.

Meski belum merambah dalam pembicaraan pusat, gagasan ini semakin menggeliat, diperkuat oleh beragam manfaat yang dianggap akan merangkak mengiringi langkah pemekaran ini.


×

Baca juga: Alcatraz Indonesia? Kabupaten Terluas di Provinsi Jasela yang Membuat Anda Tertanya-tanya, Mari Kita Telusuri Asal Usulnya!

Baca juga: Mampu Hasilkan 2.942.812 Kuintal Apel, Wilayah Teritorial di Jawa Timur ini Babat Habis Malang dan Batu Berhasiil Jadi Juara Provinsi Penghasil Apel Terbesar

Namun, sayangnya, langkah ini masih terhenti dalam arena pertimbangan.

Pembentukan Infrastruktur Kawasan Negara (IKN) yang tengah menanti pembentukan menjadi seakan-akan poin penentu dalam menyeimbangkan distribusi pembangunan yang perlu mendapat perhatian lebih.

Kalimantan Tengah, atau yang lebih dikenal sebagai Kalteng, menyuguhkan wilayah yang luas membentang hingga 153.443 kilometer persegi.

Sungguh mengagumkan, karena ukuran tersebut bahkan 1,5 kali lebih besar dari Pulau Jawa yang terkenal.

Dalam konteks ini, rencana pemekaran menggarisbawahi bahwa wilayah ini akan melibatkan beberapa sentuhan pemecahan yang membentuk lima kabupaten dalam Provinsi Barito Raya.

Begitu semarak rencana ini, beberapa kabupaten siap berdansa dalam pesta pemekaran.

Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, dan Kabupaten Murung Raya, akan menjadi penari yang menggabungkan gerakan untuk membentuk sebuah identitas yang baru.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU