Detik-Detik Pemekaran Jawa Tengah! Ternyata Kabupaten Ini Lebih Memilih Lepas Wilayah, Jarak Kabupaten 124,2 Km dari Semarang!

Detik-Detik Pemekaran Jawa Tengah! Ternyata Kabupaten Ini Lebih Memilih Lepas Wilayah, Jarak Kabupaten 124,2 Km dari Semarang!

pemekaran-Bru-nO/pixabay-

Oleh karena itu, beberapa pihak mengusulkan pembentukan provinsi baru di daerah-daerah Jawa Tengah untuk mengelola pertumbuhan populasi yang pesat ini dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah perbatasan yang memiliki potensi besar.

Salah satu daerah yang diusulkan untuk menjadi Daerah Otonom Baru (DOB) adalah bekas Karesidenan Surakarta, yang saat ini telah berganti nama menjadi Solo Raya.


Proses pemekaran ini akan membentuk provinsi baru bernama Solo Raya, yang akan mencakup 7 kabupaten atau kota, yaitu Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten. Jumlah wilayah ini sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku mengenai pembentukan DOB.

Baca juga: Cerita Perjalanan Sukses Perusahaan Batubara Terbesar di Kalimantan Selatan Ternyata Namanya Berasal dari Keluarga Spanyol Sejak 1970-an, 240 Km dari Ibu Kota Pusat

Baca juga: Manhwa The Reincarnated Assassin is a Genius Swordsman Chapter 19 Bahasa Indonesia, Baca di Link Legal Bukan Komicast atau Komikindo


×

Meskipun wacana pembentukan Provinsi Solo Raya ini menjanjikan kemajuan bagi daerah perbatasan, sayangnya, rencana ini terkendala oleh moratorium yang diberlakukan oleh pemerintah pusat.

Masyarakat di Solo Raya harus bersabar dan terus memperjuangkan visi mereka untuk sebuah provinsi yang lebih mandiri dan maju.

***

Editor: Rizki Maulana
TAG: #provinsi baru #solo raya #pemekaran #jawa tengah #semarang #kabupaten #berpisah dari jateng
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU