Viral Trend Girl Math Tiktok Sebut Cewek Harus Doyan Belanja Diskon Biar Banyak Dapat Untung, Masa Sih? Ternyata Ini Penjelasan Lengkapnya

Viral Trend Girl Math Tiktok Sebut Cewek Harus Doyan Belanja Diskon Biar Banyak Dapat Untung, Masa Sih? Ternyata Ini Penjelasan Lengkapnya

Girl Math-erik-mclean/unplash-

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan "girl math"? Menurut laporan dari Forbes, "girl math" adalah tren yang digunakan untuk membenarkan kebiasaan belanja para wanita.

Sebagai contoh, banyak dari mereka menganggap kebiasaan belanja di bawah Rp 500.000 setara dengan gratis.


Mereka juga mungkin merasa bahwa ketika mereka membayar belanjaan dengan uang tunai, itu dianggap gratis karena saldo rekening mereka tidak berkurang.

Namun, di balik tren "girl math," terdapat satu stereotip yang ingin diatasi, yaitu pandangan bahwa perempuan tidak pandai matematika dan tidak pandai mengelola uang.

Baca juga: Denpasar Segera Didepak dari Bali dan Digantikan dengan Wilayah Seluas 1.366 km² yang Punya Bandara Aternatif Baru yang Cocok Bagi Pelancong, 85 Km dari Ibukota Pusat


×

Baca juga: Tutorial Cara Membuat Dessert Box Coklat Mudah Tanpa Oven Tanpa Mixer, Cemilan Bikin Mood Baik!

Stereotip ini memiliki akar sejarah yang kuat, di mana perempuan seringkali dibatasi dalam peran domestik dan tidak diberi akses ke pendidikan atau kesempatan untuk mengelola keuangan mereka sendiri.

Stereotip ini juga menciptakan persepsi bahwa perempuan tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan keuangan yang cukup baik, serta tidak mampu membuat keputusan keuangan yang masuk akal.

Walaupun peran perempuan dalam masyarakat telah berkembang pesat sejak 1974 dan banyak penelitian yang telah membuktikan sebaliknya, tren "girl math" masih mencerminkan pandangan yang usang tentang perempuan dan uang.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU