Gak Main Nih! Setelah 63 Tahun Sulawesi Utara Resmi Buat Provinsi Baru, Hasil Pemekaran Ini Bakal Gabungkan 4 Kabupaten Baru

Gak Main Nih! Setelah 63 Tahun Sulawesi Utara Resmi Buat Provinsi Baru, Hasil Pemekaran Ini Bakal Gabungkan 4 Kabupaten Baru

daerah-sergio-souz/pexels-

Kabar mengenai adanya pemekaran wilayah yang mana Provinsi Utara akan membentuk 2 provinsi baru dan ada salah satu kecamatan yang menjadi perhatian. 

Dalam rentetan pemekaran wilayah di Provinsi Sulawesi Utara, bentuk Provinsi Bolaang Mongondow Raya (Bolmong Raya) dan akan ada 4 kecamatan yang bergabung. 


Wilayah ini membentang luas seluas 108,89 kilometer persegi.

Adapun profil kecamatan-kecamatan tersebut lengkap dengan jumlah penduduk per kecamatan di Kotamadya Kotamobagu. 

Sesuai data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kotamobagu, yaitu sebagai berikut:


×

1. Kecamatan Kotamobagu Barat, menjadi salah satu kecamatan yang paling ramai dengan total penduduk mencapai 41.949 jiwa.

2. Kecamatan Kotamobagu Selatan, mengikuti di urutan kedua dengan jumlah penduduk 33.661 jiwa.

3. Kecamatan Kotamobagu Timur, menempati urutan ketiga dengan populasi mencapai 31.145 jiwa.

4. Kecamatan Kotamobagu Utara, menjadi yang terakhir dengan jumlah penduduk 17.718 jiwa.

Proses pemekaran wilayah di Provinsi Sulawesi Utara ini telah menimbulkan dua wacana sekaligus: terbentuknya dua provinsi Daerah Otonom Baru (DOB).

Salah satu wacana tersebut adalah kelahiran Provinsi Bolaang Mongondow Raya, dan yang lainnya adalah Provinsi Nusa Utara.

Baca juga: Bersatu dengan Alam! Mari Mengarungi Keindahan Destinasi Wisata Air Panas Parongpong, Lokasinya Dekat Rumah Anda?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU