Kabupaten Terluas di Sumatera Utara Digadang Bakal Jadi Calon Daerah Baru Pemekaran Sumut, Bisa Tebak Wilayah Terluas Berapa Jaraknya?

Kabupaten Terluas di Sumatera Utara Digadang Bakal Jadi Calon Daerah Baru Pemekaran Sumut, Bisa Tebak Wilayah Terluas Berapa Jaraknya?

daerah-le-minh/pexels-

REDAKSI.co.id - Kabupaten Terluas di Sumatera Utara Digadang Bakal Jadi Calon Daerah Baru Pemekaran Sumut, Bisa Tebak Wilayah Terluas Berapa Jaraknya?

Isu adanya pemekaran dari berbagai provinsi yang akan dilakukan Indonesia sudah lama terdengar dan kali ini semakin banyak sejumlah daerah yang mengajukan adanya beberapa pemekaran pada daerahnya. 


Hal ini bisa terlihat dari adanya pemekaran yang terjadi pada Sumatera Utara. Pemakaran ini bisa terlihat dari Gubernur Sumut yang memberikan tanggapan mengenai pemekaran tersebut. 

Selain itu, ada sejumlah pemekaran dari Sumatera Utara ini yang dikabarkan menjadi provinsi baru yakni Tapanuli Tenggara. Wilayah provinsi ini mencapuk bagian Tapanuli Bagian Selatan. 

Wilayah Tabagsel ini mencakup pada Ta­panuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, dan kota Padang Sidempuan. 


×

Provinsi Sumatera Utara yang memiliki 25 kabupaten dan 8 kota dengan luas mencapai 71.680 km persegi. Provinsi Sumatera Utara ini juga sudah ada sejak dulu dan mendapati Medan sebagai ibu kotanya. 

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi angkat bicara dan mengatakan bahwa tidak ada larangan mengenai adanya pembentukan provinsi baru jiak regulasinya sudah benar. 

Baca juga: Sumatera Utara Bikin Gempar Usai Lakukan Pemekaran, Daerah Ini Potensial Hasilkan Kabupaten Juara Luasnya Bisa Capai 25,555 Km

Baca juga: Pesona Alam Indonesia! Inilah Daftar 6 Pulau Paling Indah di Sulawesi dengan Keajaiban Alam yang Melimpah Keanekaragaman Ini, Bunaken Termasuk?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU