Miris Banget Nih! Daerah Termiskin di Kalimantan Barat Ini Jumlah Penduduk Miskinnya Bisa Capai 235 Ribu Jiwa, Dikira Ketapang Ternyata Ini Juaranya

Miris Banget Nih! Daerah Termiskin di Kalimantan Barat Ini Jumlah Penduduk Miskinnya Bisa Capai 235 Ribu Jiwa, Dikira Ketapang Ternyata Ini Juaranya

miskin-loilamtan/pixabay-

 

Berdasarkan BPS terdapat 12 kabupaten dan 2 kota ynag tersebar di seluruh wilayah di Provinsi Kalimantan Barat. Daftar kabupaten termiskin di Provinsi di Kalimantan Barat ini dilihat dari presentase yang dijabarkan pada data BPS. 

Selain itu, sejumlah sektor pertanian dan kehutan juga menjadi pendukung yang baik untuk perekonomian masyarakat Kalimantan Barat. Meskipun demikian, Provinsi Kalimatan masih terdapat beberapa daerahnya yang masuk dalam kategori daerah dengan penduduk miskin terbanyak. 


1. Melawi 

Kabupaten Melawi ini masuk dan menjadi peringkat pertama sebagai kabupaten dengan wilayah termiskin. Penduduknya mencapai 235 ribu jiwa dan hampir 11,44 persen adalah penduduk miskin tahun 2022. 

2. Landak 


×

Landak juga masuk dalam kategori sebagai salah satu kabupaten termiskin. Hal ini  karena hampir 10 persen penduduk Landak adalah penduduk pra sejaktera dengan total penduduk 405.396 ribu. 

3. Ketapang 

Kabupaten Ketapang ini memiliki populasi sebesar 591 jiwa dan penduduk miskin hampitr 9 persen penduduk pada tahun 2022. 

4. Koyang Utara

Peringkat selanjutnya, jatuh kepada Kabupaten Koyang Utara yang mana menurut data BPS Kalbar ada sekitar 9 persen penduduk miskin dari 131.104 ribu jiwa. 

5. Kapuas Hulu 

Data BPS Kalbar menunjukkan bahwa populasi di kabupaten Hulu mencapau 254.995 jiwa dengan presentase penduduk miskin mencapai 8,59 persen. 

*** 

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU