AMPUN TUAN! Tidak Berani Datang hingga Sepi Pengunjung, Destinasi Wisata di Wonogiri Sepi Wisatawan Karena Ada Makam Keramat, Cek Identitas Pemilik Makam?

AMPUN TUAN! Tidak Berani Datang hingga Sepi Pengunjung, Destinasi Wisata di Wonogiri Sepi Wisatawan Karena Ada Makam Keramat, Cek Identitas Pemilik Makam?

Ilustrasi bukit terbengkalai-FrankyFromGermany/pixabay-

Namun, apa yang membuat Bukit Watu Cenik mulai sepi pengunjung? Salah satu alasannya adalah karena keberadaan makam keramat tua milik keluarga keraton Solo, yakni Raden Ngabei Poncoprabowo I, yang lebih dikenal sebagai Kyai Soro Sumarto XI.

Makam keramat ini dulunya dibangun dari kayu, namun pada tahun 1995, makam tersebut dibangun ulang menjadi lebih megah, bahkan dua makam utama diletakkan dalam sebuah rumah.


Yang menarik, pembangunan ulang makam ini tidak dilakukan oleh warga setempat. Sebaliknya, keluarga yang masih tercatat dalam silsilah Keraton Solo yang mengambil inisiatif untuk memperindah makam tersebut.

Baca juga: Menelusuri Jejak Jembatan Bertipe Cincin Pertama di Indonesia yang Berada di Bumi Lampung dengan Panjang 160 Meter Saksi Bisu Kekejaman Zaman Kolonial Belanda

Baca juga: Kalimantan Selatan Punya Desa dengan Nama Unik dan Sepi Akibat Jalannya Masih Begajulan Sehingga Hanya 33 Kepala Keluarga yang Masih Bisa Bertahan


×

Keberadaan makam keramat tua, ditambah dengan suasana hening, sepi, dan kadang-kadang berkabut di lokasi Bukit Watu Cenik, mungkin membuat beberapa wisatawan merasa takut untuk mengunjungi tempat ini.

Tetapi, inilah pesona dan misteri yang membuat Bukit Watu Cenik begitu menarik. Keindahan alam yang dipadukan dengan sejarah dan keramatnya makam ini membuatnya menjadi destinasi yang patut dijelajahi, bahkan jika itu berarti menghadapi ketidakpastian.

***
Editor: Tika Rosmala
TAG: #makam #bukit #mitos #wonogiri
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU