Sulawesi Tenggara Berkembang? Cek Peluang SDA yang Tersembunyi dalam Proses Pembentukan Calon Provinsi Kepulauan Buton, Sisakan Apa Saja?

Sulawesi Tenggara Berkembang? Cek Peluang SDA yang Tersembunyi dalam Proses Pembentukan Calon Provinsi Kepulauan Buton, Sisakan Apa Saja?

ilustrasi kota pemekaran-bulletrain743/pixabay-

Redaksi.co.id - Sulawesi Tenggara Berkembang? Cek Peluang SDA yang Tersembunyi dalam Proses Pembentukan Calon Provinsi Kepulauan Buton, Sisakan Apa Saja?

Pesan getaran dan semangat pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam wujud Provinsi Kepulauan Buton, masih terus berdentum, meskipun DOB (Daerah Otonomi Baru) masih terikat moratorium oleh Pemerintah Pusat.


Pernyataan ini menjadi pancaran cahaya bagi harapan baru dan peluang tak terbatas. Lebih menarik lagi, di balik semua itu, memancar banyak potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang bersemayam di dalam calon Provinsi Kepulauan Buton tersebut.

Namun, ironisnya, kekayaan alam itu selama ini terpendam tanpa sentuhan maksimal dari tangan-tangan bijak.

Baca juga: Rekomendasi Lima Destinasi Penenang Pikiran di Kota Malang yang Sangat Sesuai untuk Meredakan Tekanan Mental dan Kelelahan!


×

Baca juga: Jombang Culture Carnival 2023 Segera Terlaksana, Kadis Kabupaten Jombang Beri Himbauan Ini Pada Warga

Ketika kita memandang ke arah calon Provinsi Kepulauan Buton, kepingan harta SDA yang terhampar di sana tak mampu disembunyikan.

Ialah sektor perikanan dan pertambangan yang menggoda, menjanjikan potensi melimpah. Bahkan, aspal Buton menjadi salah satu bintang dalam catatan hasil bumi yang terkandung di dalamnya. Namun, potensi tak berhenti di situ saja.

Wisata juga menggeliat di dalam lipatan-lipatan alam calon provinsi ini. Taman Nasional Wakatobi bersinar sebagai destinasi tiada tara. Dan masih terdapat banyak harta karun SDA lainnya yang menunggu untuk diungkap.

Ketua Presidium Komite Nasional Percepatan Pembentukan Provinsi Kepulauan Buton (KNP3-Kepton), Drs. Alimudin MSI, berbicara menyoroti lahirnya Provinsi Kepulauan Buton.

Baca juga: Simak Jadwal Terlengkap Jombang Culture Carnival 2 September 2023, Pembukaan hingga Penutupan Sampai Jam Berapa?

Baca juga: WASPADA! Bahaya Mengintai di LK21 & IndoXX1 Saat Menonton Film, Cek 15 Link Streaming Gratis Pilihan untuk Pengalaman Sinematik Anda!

Dia menerangkan, bahwa KNP3-Kepton bersama Sultan Buton, Izat Manarfa, telah berkolaborasi dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) bersama Komisi II DPR RI.

Langkah ini telah membuahkan hasil, dengan DPR RI yang akan mengambil tindakan lanjut terhadap usulan provinsi baru ini.

Melihat perkembangan ini, saat ini, proses kelahiran Provinsi Kepulauan Buton hanya menanti pukulan kecil untuk melepaskan diri dari ikatan DOB yang masih tergantung pada kebijakan Pemerintah Pusat.

Langkah administratif sudah tergelar rapi, hanya tinggal kuncinya diambil. Namun, ada lagi yang menarik, seiring pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, kabarnya, satu kota dan lima kabupaten berpelukan dalam menyusun kisah Provinsi Kepulauan Buton yang baru.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU