Sudah SIAP! Rencana Baru Pemekaran di Jawa Tengah, 1 Kota dan 4 Kabupaten Akan Bersatu di Jasela Dalam Satu Provinsi, Ini Potensi yang Ditawarkan?

Sudah SIAP! Rencana Baru Pemekaran di Jawa Tengah, 1 Kota dan 4 Kabupaten Akan Bersatu di Jasela Dalam Satu Provinsi, Ini Potensi yang Ditawarkan?

Ilustrasi kota-zephylwer0/pixabay-

Misi Mendalam dalam Sebuah Transformasi

Tujuan pemekaran ini sungguh mulia. Di antaranya, menggali potensi daerah yang selama ini terpendam, meratakan hasil pembangunan agar tak ada daerah yang tertinggal, mendekatkan pelayanan publik kepada warga, dan meningkatkan kesejahteraan.


Dari segi pemerintahan, langkah ini juga dianggap mampu meningkatkan efektivitas melalui pengelolaan yang lebih fokus dan terarah.

Potret Menarik Wilayah Jasela

Wilayah yang akan menjadi bagian dari Provinsi Jasela menyimpan potensi menarik yang patut digali lebih dalam.


×

Mari kita jelajahi potret beberapa kota dan kabupaten yang akan menjadi perwujudan dari Jasela:

Baca juga: Hotel Ini Berdiri di Bekas Lahan Alas? Berjarak 7 Km dari Bedugul Bali, Hotel Ini Punya Kisah Mistis Kini Terbengkalai?

1. Kota Purwokerto

Kota ini adalah ibu kota Kabupaten Banyumas, dikenal dengan sebutan kota pelajar, kota satria, kota mendoan, dan juga sebagai tempat para pensiunan.

Makanan khasnya, mendoan, telah meraih ketenaran sebagai hidangan tempe goreng setengah matang yang menggoda selera.

2. Kabupaten Banyumas

Kabupaten ini mencakup area seluas 1.329,02 kilometer persegi yang merangkum 27 kecamatan dan 331 desa.

Perekonomian Banyumas berpijak pada berbagai sektor seperti pertanian, industri menengah, industri kecil / UKM, dan pariwisata.

3. Kabupaten Purbalingga

Purbalingga dikenal sebagai pusat perajin bulu mata palsu, wig, dan manekin. Wilayah seluas 7.777,64 kilometer persegi ini membawakan 18 kecamatan dan 239 desa dalam satu harmoni kreativitas.

Baca juga: Mengapa Diberi Nama Si Manja? Jembatan dengan Panjang 100 Meter di Sumatera Utara ini Dijuluki Paling Esktrim di NKRI dari Medan Cuma Berjarak 162,5 km

4. Kabupaten Banjarnegara

Meski ukurannya lebih kecil dalam Karesidenan Banyumas dan Jawa Tengah, Banjarnegara memiliki potensi penting dalam sektor pertanian dan pertambangan alam. Wilayah ini adalah contoh bagaimana potensi terkadang mengalahkan ukuran.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU