Terdahsyat! Cilacap Lagi, Eksplorasi Kabupaten Terluas di Provinsi Jasela, Pemekaran Jawa Tengah yang Dikenal Sebutan Lain Yaitu?

Terdahsyat! Cilacap Lagi, Eksplorasi Kabupaten Terluas di Provinsi Jasela, Pemekaran Jawa Tengah yang Dikenal Sebutan Lain Yaitu?

Ilustrasi pemekaran-TanjaSchwarz/pixabay-

Usulan mengenai calon Provinsi Jasela muncul melalui pandangan Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Abdul Kholik, dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan di Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tanggal 29 Maret 2022.

Rencana ini mengusulkan bahwa Provinsi Jasela akan membentuk wilayah administratif di bagian selatan Jawa Tengah.


Wilayah ini akan mencakup beberapa kabupaten yang masuk dalam Karesidenan Banyumas, yaitu Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Purwokerto.

Baca juga: Kabar Terbaru: Rencana Pemekaran Wilayah di Jambi, Apakah Benar Kota Literatur Kuno Ini Akan Menambah 2 Kabupaten dan Bukan Membentuk Provinsi Baru?

Baca juga: Jisoo BLACKPINK Dikabarkan Comeback Bintangi Drama Zombie Bareng Park Jung Min, Alih Genre Makin Berani!


×

Usulan pemekaran ini sejalan dengan pengembangan tiga poros ekonomi di Jawa Tengah, yaitu poros utara dengan pusat ekonomi di Semarang, poros timur dengan pusat ekonomi di Solo Raya, serta poros selatan dengan pusat ekonomi di Banyumas Raya atau Purwokerto.

Pemekaran ini memiliki tujuan yang jelas, seperti mengembangkan potensi daerah, meratakan hasil pembangunan, memberikan pelayanan yang lebih dekat dengan masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan penduduk.

Dari perspektif pemerintahan, pemekaran juga dianggap dapat meningkatkan efektivitas karena memungkinkan pengelolaan wilayah yang lebih terfokus dan terdekat.

Baca juga: WOW! Mari Nikmati Keindahan Belanja di 4 Mall Karawang dengan Brand Mewah hingga Produk Lokal, Layak Jadi Rekomendasi!

Cilacap, dengan semua daya tarik alam dan peranannya dalam rencana pemekaran, terus berdiri teguh sebagai bagian yang menarik dari cerita perkembangan Provinsi Jasela yang baru.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU