RENCANA! Inilah Usulan Pembentukan Enam Provinsi di Pulau Kalimantan dalam Konteks Pemekaran Wilayah untuk Mewujudkan Visi Kaltara Berjalan dengan Baik!

RENCANA! Inilah Usulan Pembentukan Enam Provinsi di Pulau Kalimantan dalam Konteks Pemekaran Wilayah untuk Mewujudkan Visi Kaltara Berjalan dengan Baik!

Ilustrasi-ignartonosbg/pixabay-

Provinsi Kotawaringin: Pemekaran Menuju Kemajuan

Pembentukan Provinsi Kotawaringin menjadi salah satu proyek pemekaran dari Provinsi Kalimantan Tengah atau Kalteng.


Sudah ada lima kabupaten yang menyatakan kesediaan untuk bergabung dalam Provinsi Kotawaringin yang baru.

Kelima kabupaten tersebut adalah Kabupaten Seruyan, Kabupaten Kotawaringin Timur atau Kotim, Kabupaten Kotawaringin Barat atau Kobar, Kabupaten Sukamara, dan Kabupaten Lamandau.

Baca juga: Kronologi Tali Lift di Resort Bali Putus dan Tewaskan Lima Orang Pegawai, Kapolsek Ubud Beri Penjelasan


×

Rencananya, ibukota Provinsi Kotawaringin akan berada di wilayah Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan.

Provinsi Barito Raya: Menyatukan Potensi Besar

Provinsi Barito Raya adalah usulan lain yang menggabungkan dua provinsi, yakni Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Saat ini, sudah ada lima kabupaten yang siap untuk bergabung dalam pembentukan Provinsi Barito Raya.

Kelima kabupaten tersebut adalah Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Murung Raya.

Ibukota Provinsi Barito Raya diusulkan berada di wilayah Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, yang akan menjadi pusat pertumbuhan dan pemerintahan provinsi ini.

Provinsi Sambas Raya: Langkah Menuju Kemajuan

Terakhir, ada usulan pembentukan Provinsi Sambas Raya, yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Kalimantan Barat atau Kalbar.

Baca juga: Manhwa The Reincarnated Assassin is a Genius Swordsman Chapter 19 Bahasa Indonesia, Baca di Link Legal Bukan Komicast atau Komikindo

Saat ini, baru ada satu kota dan tiga kabupaten yang akan bergabung dengan Provinsi Sambas Raya.

Kota Singkawang, Kabupaten Sambas Utara, Kabupaten Bengkayang, dan Kabupaten Sambas akan membentuk entitas pemerintahan baru yang menjanjikan potensi pembangunan yang besar. 

***
Editor: Rizki Maulana
TAG: #pemekaran wilayah #provinsi pulau kalimantan #suku asli
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU