RENCANA! Inilah Usulan Pembentukan Enam Provinsi di Pulau Kalimantan dalam Konteks Pemekaran Wilayah untuk Mewujudkan Visi Kaltara Berjalan dengan Baik!

RENCANA! Inilah Usulan Pembentukan Enam Provinsi di Pulau Kalimantan dalam Konteks Pemekaran Wilayah untuk Mewujudkan Visi Kaltara Berjalan dengan Baik!

Ilustrasi-ignartonosbg/pixabay-

Redaksi.co.id - RENCANA! Inilah Usulan Pembentukan Enam Provinsi di Pulau Kalimantan dalam Konteks Pemekaran Wilayah untuk Mewujudkan Visi Kaltara Berjalan dengan Baik!

Provinsi Kalimantan Tenggara, yang sering disebut Kaltara, kini sedang menghadapi momen bersejarah. Usulan pembentukan provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari dua provinsi tetangga, yakni Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.


Dalam rencana ini, setidaknya ada lima kabupaten yang akan bergabung dengan provinsi baru ini, yang akan membentuk sebuah entitas pemerintahan yang lebih mandiri.

Baca juga: Dugaan Penyebab Tragedi Tragis Lift Resort Bali Putus dan Tewaskan 5 Orang, Benarkah Tali Putus dan Rem Rusak?

Baca juga: Cerita Perjalanan Sukses Perusahaan Batubara Terbesar di Kalimantan Selatan Ternyata Namanya Berasal dari Keluarga Spanyol Sejak 1970-an, 240 Km dari Ibu Kota Pusat


×

Kelima kabupaten yang dimaksud adalah Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Penajam, dan Kabupaten Kotabaru.

Kabupaten Kotabaru pun akan menjadi ibukota yang diusulkan untuk Provinsi Kaltara ini. Dengan demikian, Provinsi Kaltara memiliki potensi besar untuk menjadi pusat pertumbuhan baru di Kalimantan.

Provinsi Ketapang: Kelahiran Provinsi yang Megah

Perbincangan mengenai pembentukan Provinsi Ketapang, atau sering disebut juga Provinsi Tanjungpura, semakin hangat.

Ini adalah hasil pemekaran dari Provinsi Kalimantan Barat atau Kalbar. Dalam wacana ini, satu kota dan empat kabupaten akan bersatu dalam pembentukan provinsi baru ini.

Baca juga: Dugaan Penyebab Tragedi Tragis Lift Resort Bali Putus dan Tewaskan 5 Orang, Benarkah Tali Putus dan Rem Rusak?

Baca juga: Waduh! Stop Pake LK21 dan IndoXX1 Bisa Bahaya, Ini 15 Link Nonton Film Gratis dan Mudah, Dijamin Nonton Makin Seru

Kota Ketapang, yang sebelumnya merupakan Kabupaten Ketapang, akan menjadi salah satu bagian penting dari provinsi ini.

Kabupaten Tumbang Titi, Kabupaten Hulu Aik, Kabupaten Jelai Kendawangan Raya, dan Kabupaten Kayong Utara juga akan bergabung dalam entitas baru ini.

Kota Ketapang diusulkan sebagai ibukota Provinsi Ketapang, yang menjanjikan kemajuan bagi wilayah tersebut.

Provinsi Kapuas Raya: Mengukir Masa Depan yang Cerah

Provinsi Kapuas Raya adalah wacana lain yang sedang beredar, yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Kalimantan Barat atau Kalbar.

Saat ini, sudah ada lima kabupaten yang menyatakan kesiapannya untuk bergabung dalam Provinsi Kapuas Raya yang baru.

Kelima kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sintang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Sekadau.

Rencananya, ibukota Provinsi Kapuas Raya akan berlokasi di Kabupaten Sintang, yang akan menjadi pusat pengembangan dan pemerintahan provinsi baru ini.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU