Pemekaran Jawa Tengah! Solo Raya Akan Dibentuk Menjadi Provinsi Baru, Kabupaten Ini Juga Berencana Memisahkan Diri?

Pemekaran Jawa Tengah! Solo Raya Akan Dibentuk Menjadi Provinsi Baru, Kabupaten Ini Juga Berencana Memisahkan Diri?

Pemekaran-pexels.com/@zhang-kaiyv-pexels.com/@zhang-kaiyv

Permasalahan semakin bertambah ketika jumlah penduduk Jawa Tengah terus meningkat, mencapai sekitar 37.032.410 jiwa pada tahun 2022, dibandingkan dengan sekitar 36.742.501 jiwa pada tahun sebelumnya.

Pertumbuhan penduduk yang signifikan ini semakin membebani tugas pemerintah provinsi. Maka tak heran jika beberapa pihak mulai mengusulkan pembentukan provinsi-provinsi baru di berbagai daerah di Jawa Tengah.


Salah satu daerah yang menjadi pusat perhatian dalam rencana pemekaran wilayah adalah bekas Karesidenan Surakarta. Kini, wilayah ini telah berganti nama menjadi Solo Raya.

Baca juga: Pemekaran Pulau Kalimantan dan Keberagaman Etnis Pulau Seribu Sungai: 6 Suku Asli Bikin Terkesan Punya Keanekaragaman

Baca juga: Cerita Perjalanan Sukses Perusahaan Batubara Terbesar di Kalimantan Selatan Ternyata Namanya Berasal dari Keluarga Spanyol Sejak 1970-an, 240 Km dari Ibu Kota Pusat


×

Melalui proses pemekaran yang tengah berlangsung, Solo Raya akan menjadi provinsi baru yang mencakup 7 kabupaten atau kota, yakni Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten.

Jumlah wilayah ini sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku mengenai pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB).

Namun, meskipun rencana ini terdengar menarik, tampaknya terkendala oleh moratorium yang diberlakukan oleh pemerintah pusat.

Solo Raya harus menghadapi sejumlah tantangan sebelum menjadi sebuah kenyataan. Sebuah perdebatan yang menarik untuk diikuti karena berpotensi mengubah peta administratif Jawa Tengah. Kami akan terus memantau perkembangan selanjutnya.

***
Editor: Rizki Maulana
TAG: #provinsi baru #solo raya #pemekaran #jawa tengah #semarang #kabupaten #berpisah dari jateng
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU