Pemekaran Pulau Kalimantan dan Keberagaman Etnis Pulau Seribu Sungai: 6 Suku Asli Bikin Terkesan Punya Keanekaragaman

Pemekaran Pulau Kalimantan dan Keberagaman Etnis Pulau Seribu Sungai: 6 Suku Asli Bikin Terkesan Punya Keanekaragaman

Ilustrasi-aiworldexplore/pixabay-

Redaksi.co.id - Pemekaran Pulau Kalimantan dan Keberagaman Etnis Pulau Seribu Sungai: 6 Suku Asli Bikin Terkesan Punya Keanekaragaman.

Pulau Kalimantan, sebagai pulau terbesar kedua di Indonesia setelah Papua, memiliki kekayaan alam yang memukau. Namun, tak hanya alamnya yang menarik, tetapi juga keragaman kelompok etnis yang menghuni pulau ini.


Berikut ini, kami akan membawa Anda mengenal lebih dekat 6 suku asli penghuni Pulau Kalimantan atau sering disebut Pulau Seribu Sungai, yang juga tengah merencanakan pemekaran provinsi mereka.

Baca juga: Mengungkap Keberagaman Etnis Pulau Seribu Sungai: Ada Suku Asli yang Membuatnya Begitu Kaya dan Menarik, Pemekaran Pulau Kalimantan! 

Baca juga: Kreasi Resep Unggulan Olahan Telur dan Sosis yang Menggugah Selera, Harga Terjangkau Bikin Lidah Bergoyang, Ini Dia!


×

1. Suku Dayak

Suku Dayak adalah salah satu kelompok etnis pribumi terbesar di Kalimantan. Mereka menjadikan pedalaman hutan dan sungai Kalimantan sebagai rumah mereka.

Suku Dayak terdiri dari berbagai sub-suku yang kaya akan budaya, seperti Dayak Ngaju, Dayak Iban, Dayak Kenyah, dan masih banyak lainnya.

2. Suku Banjar

Suku Banjar adalah kelompok etnis yang tinggal di Kalimantan Selatan, terutama di sekitar daerah Banjarmasin. Mereka memiliki warisan budaya yang luar biasa, termasuk seni tradisional seperti tarian dan musik yang memikat.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU