Jawa Tengah Bersiap Pemekaran dengan Kabupaten Baru di Solo Raya: Upaya Mandiri yang Menarik dari Kabupaten Tersebut Adalah?

Jawa Tengah Bersiap Pemekaran dengan Kabupaten Baru di Solo Raya: Upaya Mandiri yang Menarik dari Kabupaten Tersebut Adalah?

Pemekaran-pexels.com/@Francesco-Ungaro-pexels.com/@Francesco-Ungaro

Salah satu daerah yang mendapat perhatian khusus adalah bekas Karesidenan Surakarta, yang kini telah berganti nama menjadi Solo Raya.

Proses pemekaran ini akan menciptakan provinsi baru bernama Solo Raya, yang meliputi 7 kabupaten atau kota, yaitu Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten.


Meskipun usulan ini sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku, tampaknya Solo Raya harus menghadapi kendala serius. Moratorium dari pemerintah pusat menjadi batu sandungan yang sulit untuk diatasi.

Baca juga: Pemekaran Pulau Kalimantan dan Keberagaman Etnis Pulau Seribu Sungai: 6 Suku Asli Bikin Terkesan Punya Keanekaragaman

Baca juga: Manhwa The Reincarnated Assassin is a Genius Swordsman Chapter 19 Bahasa Indonesia, Baca di Link Legal Bukan Komicast atau Komikindo


×

Tapi satu hal yang pasti, wacana mengenai Solo Raya sebagai provinsi baru telah memunculkan diskusi menarik tentang pemekaran wilayah, potensi ekonomi di daerah perbatasan, dan bagaimana mengatasi tantangan-tantangan tersebut.

Hanya waktu yang akan memberikan jawaban akhir apakah Solo Raya akan menjadi kenyataan atau tetap menjadi impian yang belum tercapai.

***
Editor: Rizki Maulana
TAG: #provinsi baru #solo raya #pemekaran #jawa tengah #semarang #kabupaten #berpisah dari jateng
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU