Tarakan Kota Kecil yang Bangkit Dari Kebangkrutan Menuju Kemegahan, Mall Termewah Seharga Rp 215 Miliar Makin Gemintang se-Kalimantan Utara Fix Jadi Megapolitan Baru

Tarakan Kota Kecil yang Bangkit Dari Kebangkrutan Menuju Kemegahan, Mall Termewah Seharga Rp 215 Miliar Makin Gemintang se-Kalimantan Utara Fix Jadi Megapolitan Baru

mall-pcjvdwiel/pixabay-

Pertumbuhan ekonomi yang begitu mengesankan di Tarakan juga disertai dengan peningkatan daya beli masyarakatnya.

Salah satu indikator keberhasilan ini adalah keberadaan Grand Tarakan Mall, sebuah pusat perbelanjaan yang menjadi stempel kebanggaan kota ini.


Grand Tarakan Mall, yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No.1, Karangrejo, Kecamatan Tarakan Bar, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, bukanlah sekadar pusat perbelanjaan biasa.

Mall ini terdiri dari tiga lantai dengan tambahan sebelas lantai di atasnya yang berfungsi sebagai hotel.

Keberadaan mall ini menjadi bukti betapa Tarakan tidak hanya berkembang secara ekonomi tetapi juga dalam hal infrastruktur komersial.


×

Namun, ada cerita menarik di balik megahnya Grand Tarakan Mall ini. Pada tahun 2017, mall ini hampir merosot ke jurang kebangkrutan yang nyaris tidak terelakkan.

Status kebangkrutan ini secara resmi dinyatakan melalui Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU), yang kemudian memindahkan pengelolaan mall ke tangan kurator.

Kisah kelam ini berawal dari tahun 2015, di mana Grand Tarakan Mall tampaknya sepi pengunjung.

Bahkan, mall ini pernah disebut sebagai "mall tersepi di dunia" karena hanya memiliki 15 kios di dalamnya.

Saat itu, banyak yang meragukan masa depan mall ini.

Baca juga: Mengapa Pabrik Buku Berusia 39 Tahun di Jatim Tutup? Bukan Karena Uang Benarkah Akibat Konflik Internal? Dari Malang Cukup 119 Km

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU