Luasnya Bisa Capai 21,860 Km! Daerah Kecil Ini Bakal Jadi Ibukota Provinsi Baru Pemekaran Kalimantan Barat, Waduh Pontianak Kegusur Nih?

Luasnya Bisa Capai 21,860 Km! Daerah Kecil Ini Bakal Jadi Ibukota Provinsi Baru Pemekaran Kalimantan Barat, Waduh Pontianak Kegusur Nih?

daerah-jeshoots/pexels-

Wilayah Kabupaten Ketapang memiliki sejarah yang kaya, sebagai bagian dari Kerajaan Matan Tanjungpura, yang merupakan kerajaan tertua di kawasan Kalimantan Barat.

Nama besar Tanjungpura diabadikan dalam berbagai institusi, seperti Kodam XII Tanjungpura dan Universitas Tanjung Pura.


Bekas Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura, atau situs Kerajaan Tanjungpura, terletak di Desa Tanjungpura, Kecamatan Muara Pawan, sekitar 45 km dari pusat kota Ketapang yang terletak di Kecamatan Delta Pawan.

Pendapat lain juga mengusulkan agar bagian selatan Provinsi Kalimantan Barat, yang mencakup Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara, menjadi Provinsi Tanjungpura.

Namun, rencana pembentukan Provinsi Ketapang sebagai pemekaran dari Kalimantan Barat menghadapi beberapa kendala.


×

Menurut Undang-Undang No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Pasal 35 menyatakan bahwa pembentukan daerah otonom harus memenuhi persyaratan tertentu.

Baca juga: Kalimantan Timur Siap Bangun Pabrik Soda Ash Terbesar di Indonesia, Jadi Wilayah Industri Baru Kalahkan Cikarang Hingga Mampu Menciptakan Ribuan Lowongan Pekerjaan

Baca juga: Pertama Kali dalam Peradapan RI! Jalan Tol Termegah di Indonesia Segera Dibangun Menghubungkan 2 Provinsi Fenomenal yang Membentang Sepanjang 329 kilometer di Sulsel

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU