Luasnya Bisa Capai 21,860 Km! Daerah Kecil Ini Bakal Jadi Ibukota Provinsi Baru Pemekaran Kalimantan Barat, Waduh Pontianak Kegusur Nih?

Luasnya Bisa Capai 21,860 Km! Daerah Kecil Ini Bakal Jadi Ibukota Provinsi Baru Pemekaran Kalimantan Barat, Waduh Pontianak Kegusur Nih?

daerah-jeshoots/pexels-

Sebagai langkah awal dalam pembentukan Provinsi Ketapang, perlu dilakukan pemekaran Kabupaten Ketapang menjadi satu kota otonom dan tiga kabupaten terpisah.

Daerah baru ini mencakup Kota Ketapang, Kabupaten Jelai Kendawangan Raya, Kabupaten Taumbang Titi, dan Kabupaten Hulu Aik. Kota Ketapang juga diusulkan sebagai ibukota Provinsi Ketapang.


Untuk memenuhi persyaratan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Pasal 35, yang mensyaratkan minimal 5 kabupaten atau kota, diusulkan agar Kabupaten Kayong Utara digabungkan ke dalam wilayah Provinsi Ketapang.

Dengan konsep ini, Provinsi Ketapang akan mencakup luas wilayah 35.809 km2 yang terdiri dari gabungan luas wilayah Kabupaten Ketapang, yakni 31.240,74 km2, dan Kabupaten Kayong Utara, dengan luas 4.568,26 km2.

Total jumlah penduduk Provinsi Ketapang diperkirakan sekitar 708.477 jiwa, dengan Kabupaten Ketapang memiliki 579.927 jiwa, dan Kabupaten Kayong Utara memiliki 128.550 jiwa.


×

Baca juga: Magic Emperor 435 SUB INDO - Manhua Demonic Emperor Full 434 435 ENG RAW Bahasa Indonesia Disini

Wilayah administratif Provinsi Ketapang akan mencakup 26 kecamatan, terdiri dari 20 kecamatan di Kabupaten Ketapang dan 6 kecamatan di Kabupaten Kayong Utara.

Proses pembentukan daerah baru tentu akan melibatkan perjuangan dan kajian yang mendalam.

Aspek kelayakan dan kebutuhan pemekaran harus menjadi fokus utama dalam tahapan ini.

Kajian pemekaran diharapkan mampu menjawab aspirasi lokal sekaligus menjadi bagian penting dari kepentingan strategis nasional.

Demikianlah gambaran mengenai wacana pembentukan Provinsi Ketapang atau Tanjungpura melalui pemekaran Kalimantan Barat.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU