Pelabuhan Internasional Kijing di Kalimantan Barat: Gemilang di Semester Pertama 2023 yang Mampu Menangani 1.297 Juta Ton Muatan

Pelabuhan Internasional Kijing di Kalimantan Barat: Gemilang di Semester Pertama 2023 yang Mampu Menangani  1.297 Juta Ton Muatan

pelabuhan-Ma_Frank/pixabay-

Sejak diresmikan, pelabuhan ini telah menjadi tempat bersandarnya sebanyak 29 kapal atau tongkang untuk melakukan aktivitas bongkar muat, baik untuk perdagangan dalam negeri maupun luar negeri.

Operator pelabuhan ini, yaitu Pelindo Regional 2, dengan bangga mencatat pencapaian luar biasa ini.


General Manager Pelindo Regional 2, Pontianak, Hambar Wiyadi, menjelaskan bahwa dominasi angkutan di pelabuhan ini diperoleh oleh tongkang curah cair, yang menyumbang sebanyak 60,3% atau setara dengan 126 unit.

Selain itu, terdapat pula kapal curah cair sebanyak 23,4% atau 49 unit, kapal general cargo sebanyak 8,6% atau 18 unit, dan kapal curah kering sebanyak 7,7% atau 16 unit.

Pelabuhan Kijing bukan hanya menjadi pusat aktivitas perdagangan dalam negeri, tapi juga menjadi bagian penting dalam rantai perdagangan internasional, terutama untuk aktivitas ekspor.


×

Sejak diresmikan pada tahun 2022, pelabuhan Kijing telah berhasil menangani sekitar 1.297 juta ton muatan.

Hingga Mei 2023, pelabuhan ini telah melakukan pengiriman ke 10 negara berbeda, antara lain China, Bangladesh, India, Korea Selatan, Pakistan, Vietnam, Filipina, Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dalam meningkatkan konektivitas perdagangan Indonesia dengan negara-negara lain.

Manajer Pelindo Regional 2 Pontianak, Hambar Wiyadi, sangat optimis dengan potensi pelabuhan Kijing.

Baca juga: Katingan Bukan Nomor 1, Inilah 3 Daerah Terdingin di Kalimantan Tengah, Tak Diduga-Duga Juaranya Bukan Palangkaraya Melainkan...

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU