Upaya Berantas Pengangguran, Kemenker Siapkan Program Pilot Project Pengembangan Kesempatan Kerja Basis Kawasan

Upaya Berantas Pengangguran, Kemenker Siapkan Program Pilot Project Pengembangan Kesempatan Kerja Basis Kawasan

Upaya Berantas Pengangguran, Kemenker Siapkan Program Pilot Project Pengembangan Kesempatan Kerja Basis Kawasan-StartupStockPhotos /pixabay-

REDAKSI.co.id -Upaya Berantas Pengangguran, Kemenker Siapkan Program Pilot Project Pengembangan Kesempatan Kerja Basis Kawasan.

Seperi yang diketahui bahwa angka pengangguran di tiap tahunnya selalu meningkat, belum lagi tahun 2022 banyak perusahaan yang membatasi jumlah karyawan demi bertahan dan agar lebih efektif.


Belum lagi perekonomian Dunia dikabarkan tengah tidak baik-baik saja.

Dalam upaya memberdayakan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) yang dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja, Kementerian Tenaga Kerja (Kemenakar) bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Institut Pertanian Universitas Bogor (IPB) mencanangkan program Pilot Project Pengembangan Kesempatan Kerja Basis Kawasan.

 Menaker Ida Fauziyah membeberkan bahwa, pengembangan kesempatan kerja lokal merupakan langkah strategis, transformasional dan inovatif  dari Kementerian Tenaga Kerja untuk membantu percepatan pembangunan ketenagakerjaan yang berkelanjutan.


×

Baca juga: Program Baru NETTV November: Drakor Strong Girl Bong Soon, Diary Bahagia, Masa Kini Masak Itu hingga INTM Cycle 3

Baca juga: UPDATE Donghua Soul Land Season 2 Episode 234 Sub Indonesia Terbaru, Bagaimana Kelanjutan Cerita Soul Land 234 CEK Disini

Baca juga: Nonton Donghua Soul Land Season 2 Episode 234 Sub Indonesia Terbaru, STREAMING Soul Land 2 EPS 207(234) Subtitle Indo

"Kegiatan ini memiliki manfaat yang sangat baik sebagai salah satu upaya dalam pembangunan ketenagakerjaan dan menciptakan alternatif peluang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan di masing-masing kawasan," uajrnya dilansir Sinergianews.com pada Jumat 11 November 2022.

Menteri Tenaga Kerja menambahkan bahwa Indonesia saat ini menghadapi bonus demografi dengan angkatan kerja yang meningkat setiap tahun.

Laju pertumbuhan angkatan kerja merupakan tantangan untuk menurunkan tingkat pengangguran sejalan dengan pertumbuhan angkatan kerja usia kerja.

"Banyak para lulusan masih sulit dalam memasuki dunia kerja, hal ini dikarenakan keterampilan kerja yang dimiliki masih belum memenuhi kebutuhan yang ada di pasar kerja," sambungnya.

Lebih labjut, ia mebgajak semua yang memegang kepentingan dapat melakukan koordinasi sehingga tercipta kerja sama dalam memaksimalkan tujuan sesuai yang diharapkan.

Baca juga: Kronologi Ambruknya Gapura Perbatasan Mojokerto Pasuruan-Watukosek Diduga Akibat Lapuk Termakan Usia

Baca juga: Ananth S. Nathan Jadi Salah Satu Investor Terbaru asal Asia yang Berkiprah di Sepakbola Inggris

Baca juga: Nonton Donghua Soul Land Season 2 Episode 234 Sub Indonesia Terbaru, STREAMING Soul Land 2 EPS 207(234) Subtitle Indo

"Saya berharap ekosistem dari hulu ke hilir di kawasan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kawasan dan sekitarnya," ujar Menaker.

Ke-15 daerah yang terpilih untuk program Pilot Project Pengembangan Ketenagakerjaan Daerah 2022 meliputi Ekosistem Perkebunan Kopi Gayo di Kabupaten Bener Meriah, Ekowisata di Sungai Bahbolon di Kabupaten Serdang Bedagai.

Masyarakat Adat Kasephan di Provinsi Lebak. Sentra produksi buah di kota Pangkalpinang.

Kawasan Industri Pakaian Adat dan Pengolahan Limbah di Ambarawa, Kabupaten Princeu, Provinsi Lampung. Area masakan rumahan di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Pengembangan pertanian terpadu Baumbango di Kabupaten Katingan, Pulau Sebatik di Kabupaten Nunukan, Agroforestry Waru di Kabupaketen Penajam Pasar Utara. Agrowisata di Kabupaten Gianyar.

Kawasan Wisata Mandalika, Provinsi Lombok Tengah. Area sekitar industri peleburan nikel di Kabupaten Morowari Utara.

Baca juga: SAH! Kerjasama Sikorsy dengan PTDI, Siap Hadirkan Heli Tempur Sikorsy BLACK HAWK untuk Indonesia

Kawasan wisata Likupang di Kabupaten Minahasa Utara. Wilayah pertambangan Kabupaten Mimika PT Freeport Indonesia.

Kawasan Merdey Orang Asing dan masyarakat lokal Menimery di Kabupaten Teluk Bintuni.***

Update berita terbaru Redaksi.co.id di Google News App

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU