Kota Cikarang Menapaki Jejak Baru dalam Pemekaran Wilayah dan Pertumbuhan Industri, Sempat Diusulkan Oleh Kabupaten Bekasi?

Kota Cikarang Menapaki Jejak Baru dalam Pemekaran Wilayah dan Pertumbuhan Industri, Sempat Diusulkan Oleh Kabupaten Bekasi?

Ilustrasi kota-Walkerssk/pixabay-

Redaksi.co.id - Kota Cikarang Menapaki Jejak Baru dalam Pemekaran Wilayah dan Pertumbuhan Industri, Sempat Diusulkan Oleh Kabupaten Bekasi?

Berita terbaru dari Provinsi Jawa Barat menghadirkan pandangan yang segar mengenai rencana pemekaran wilayah. Kabupaten Bekasi, yang telah lama menjadi sorotan dengan usulan pembentukan Kabupaten Bekasi Utara, kini menemui babak baru dalam perjalanannya.


Seiring berlalunya 15 tahun sejak hasil kajian tahun 2008 mengenai bentuk daerah otonomi baru, nampaknya wacana pemekaran ini bergerak ke arah yang berbeda, namun tidak terlepas dari kendala moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang masih berlaku dari Pemerintah Pusat.

Baca juga: Pemekaran Strategis di Pulau Jawa, Kabupaten Bekasi Mempersembahkan Usulan Kabupaten Bekasi Utara sebagai Pendukung Kemajuan Kota Cikarang

Baca juga: Fakta Kasus Masriah-Wiwik, Keluar dari Penjara Pelaku Kembali Lakukan Aksinya? Sempat Tolak Hadiri Persidangan


×

Mengapa perubahan ini terjadi? Alasannya sangat masuk akal: wacana pembentukan Kabupaten Bekasi Utara telah kehilangan relevansinya. Yang menjadi fokus saat ini adalah keberlanjutan rencana pembentukan Kota Cikarang.

Terbukti, Kota Cikarang telah mewujudkan syarat-syarat yang diperlukan untuk menjadi entitas otonom yang kuat dan berdampak.

Pergeseran fokus ini didukung oleh fakta bahwa Kota Cikarang telah menjadi pusat perhatian yang tak terbantahkan. Bukan lagi sekadar kabupaten penyangga, Kota Cikarang telah mengukir namanya sebagai salah satu kota industri paling penting di seluruh Indonesia.

Dengan sejumlah kecamatan yang siap bergabung, wilayah Kota Cikarang akan meluas hingga sekitar 25 kilometer persegi.

Kecamatan Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Cikarang Timur, Cikarang Utara, dan Cikarang Barat, semuanya siap menyatukan potensi mereka dalam mewujudkan visi Kota Cikarang yang lebih besar.

Baca juga: Sinopsis Drama China TERBARU Incomparable Beauty, Tayang Hari Ini Senin 28 Agustus 2023 di Youku dan Manggo TV Bukan Loklok!

Baca juga: Kronologi Masriah yang Digugat Rp 1 Milliar Atas Aksi Buang Kotoran Manusia ke Rumah Tetangga, Masalah Usai?

Sebagai contoh, luas wilayah Kecamatan Cikarang Pusat mencapai 4,76 kilometer persegi, sedangkan Kecamatan Cikarang Selatan dan Cikarang Timur masing-masing memiliki luas 5,17 dan 5,13 kilometer persegi.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU