20,7 Km dari Pusat Kota Solo! Makam Unik di Sukoharjo Ini Terletak di Trotoar, Nisan Bertuliskan Aksara Jawa Bawa Kesan Mistis?

20,7 Km dari Pusat Kota Solo! Makam Unik di Sukoharjo Ini Terletak di Trotoar, Nisan Bertuliskan Aksara Jawa Bawa Kesan Mistis?

makam-breet-style/pexels-

Makam ini terletak di sudut Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, dan sengaja dibiarkan tetap berada di tempatnya.

Ternyata, kucing yang dimakamkan di sini adalah kucing kesayangan Raja Pakubuwono X. Kucing ini adalah jenis candramawa atau persia hitam dengan bercak putih.


Awalnya, trotoar ini adalah bagian dari kompleks pemakaman, namun digunakan untuk hewan peliharaan Raja Pakubuwono.

Nisan di makam ini berisi aksara Jawa yang mengatakan "Klangenan Dalem Nyai Sembro," yang berarti hewan kesayangan raja bernama Nyai Sembro.

Baca juga: Link Nonton Drama Turki Yali Capkini Full Episode 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 - END SUB Indo, Tayang Star TV Bukan LK21


×

Namun, pada tahun 1980-an, kompleks ini diubah menjadi jalan raya.

Warga setempat menyatakan bahwa mereka tidak pernah merasakan hal-hal aneh di sekitar makam. Namun, cerita mistis sering didengar dari orang-orang dari luar daerah.

Mereka mengklaim bahwa ketika mereka mengemudi di sekitar makam, tiba-tiba mobil mereka berhenti seolah-olah menabrak sesuatu, seperti kucing. Namun, setelah diperiksa, tak ada yang terlihat.

Di masa lalu, beberapa orang datang untuk berziarah ke makam Nyai Sembro. Ini juga menjadi bukti sejarah bahwa kita harus menghormati dan mencintai binatang.

Baca juga: Yang Dinanti! Link Pemersatu Bangsa - Cek Daftar Bantuan BPUM 2023, Daftar Bansos UMKM Online BLT di eform.bri.co.id

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU