Makin Sempit! Inilah 3 Daerah Terkecil di Kabupaten Pati Jawa Tengah, Gara-gara Hasil Pemekaran Wilayah!

Makin Sempit! Inilah 3 Daerah Terkecil di Kabupaten Pati Jawa Tengah, Gara-gara Hasil Pemekaran Wilayah!

desa-pexels.com/@Evgeny-Tchebotarev-pexels.com/@Evgeny-Tchebotarev

REDAKSI.co.id - Kabupaten Pati, sebuah wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, memiliki pesona dan fakta menarik yang tak boleh terlewatkan.

Dalam data resmi pemerintah, Kabupaten Pati ternyata menghamparkan diri di atas lahan seluas 1.504 kilometer persegi. Pati dikenal dengan semboyangnya yang khas, yaitu 'Pati Bumi Mina Tani'.


Namun, di balik keindahan dan sejarahnya, terdapat detail menarik yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Kabupaten Pati memiliki julukan yang unik, yaitu 'Kota Pensiun'. Bahkan, beberapa orang menggemakan sebutan bahwa Pati adalah 'Hogwarts van Java', yang mengartikan Pati sebagai Kota Seribu Paranormal.

Keunikan ini memberikan ciri khas tersendiri bagi Pati, di mana suasana tenang dan damai menjadikan wilayah ini sebagai tempat yang cocok untuk menikmati masa tua dengan penuh ketenangan.


×

Baca juga: Republik Indonesia Punya Raja Loh! Jangan Kaget Inilah Raja Batu Bara Pertama di Kalimantan Timur Pemilik Perusahaan Tambang Terbesar Senilai Rp398 Triliun

Dalam keragaman wilayahnya, Kabupaten Pati terdiri dari 21 kecamatan, 401 desa, dan 5 kelurahan.

Namun, ada tiga kecamatan di Kabupaten Pati yang menyimpan rahasia menarik, yaitu menjadi daerah paling sempit. Keunikan ini tidak berkaitan dengan Sukolilo maupun Cluwak, melainkan justru terdapat di tiga kecamatan ini.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah daerah tempat tinggal Anda termasuk dalam daerah paling sempit di Pati? Ternyata, urutan pertama dan ketiga dulunya merupakan satu wilayah yang sama.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati Jawa Tengah membuka tabir mengenai daerah paling sempit di wilayah yang dikenal sebagai 'Kota Pensiun' ini.

Baca juga: Calon Pendaftar Cek Sekarang Juga! Simak Instansi dan Formasi CPNS 2023 yang Sudah Dibuka, Ada Mahkamah Agung hingga Kejaksaan RI

Berikut adalah tiga kecamatan yang secara mengejutkan merupakan daerah paling sempit di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, berdasarkan data dari BPS.

3. Trangkil

Posisi ketiga daerah paling sempit di Kabupaten Pati dipegang oleh Kecamatan Trangkil. Meskipun demikian, kecamatan ini tetap memiliki pesona yang memikat.

Luas wilayah Trangkil mencapai 42,85 kilometer persegi. Trangkil sebenarnya dahulu merupakan bagian dari wilayah Wedarijaksa. Namun, karena luas wilayah yang terlalu besar, terjadi pemekaran wilayah menjadi Trangkil dan Wedarijaksa.

Baca juga: Kriuk! Ini Dia Resep Pangsit Goreng Gurih dan Renyah, Camilan Favorit yang Cocok Dimakan Pakai Lauk Apapun!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU