Cuma 40 Km Persegi! Deretan Wilayah Terkecil di Kabupaten Pati Jawa Tengah Bikin Melongo, Seluas Lapangan Sepak Bola?

Cuma 40 Km Persegi! Deretan Wilayah Terkecil di Kabupaten Pati Jawa Tengah Bikin Melongo, Seluas Lapangan Sepak Bola?

wilayah sempit-pexels.com/@maria-orlova-pexels.com/@maria-orlova

REDAKSI.co.id - Kabupaten Pati, sebuah bagian dari Provinsi Jawa Tengah, mengandung pesona tersendiri yang perlu ditemukan.

Data pemerintah mengungkapkan bahwa wilayah ini memiliki luas sekitar 1.504 km persegi, menjadikannya salah satu kabupaten yang cukup luas di Jawa Tengah.


Dalam nuansa tenangnya, Pati dikenal dengan semboyang khasnya, yaitu 'Pati Bumi Mina Tani'.

Tidak hanya itu, julukan 'Kota Pensiun' dan sebutan 'Hogwarts van Java' atau Kota Seribu Paranormal juga melekat pada Pati, memberikan nuansa magis dan menarik di balik keindahan alamnya.

Suasana yang tenang dan damai di Kabupaten Pati menjadikannya destinasi yang cocok untuk menikmati masa tua atau sekadar melarikan diri dari hiruk-pikuk kota besar.


×

Baca juga: SPOILER Manga Rent a Girlfriend Chapter 296 Sub Indo, Baca di Situs Resmi Legal Bukan Komikindo: Misteri Pacarku Kembali Berlanjut

Kabupaten Pati terdiri dari 21 kecamatan, 401 desa, dan 5 kelurahan, menciptakan kayaan keragaman budaya dan tempat-tempat menarik yang patut dijelajahi.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa di dalam Kabupaten Pati terdapat tiga daerah dengan ukuran paling sempit, dan ini mungkin menjadi fakta menarik yang ingin Anda ketahui.

Tidak, daerah-daerah tersebut bukan Sukolilo atau Cluwak, malah terletak di tiga kecamatan yang tak terduga.

Dalam penelusuran kami di berdasarkan data BPS Kabupaten Pati Jawa Tengah, berikut adalah tiga kecamatan dengan ukuran paling sempit di dalam "Kota Pensiun" ini:

Baca juga: Republik Indonesia Punya Raja Loh! Jangan Kaget Inilah Raja Batu Bara Pertama di Kalimantan Timur Pemilik Perusahaan Tambang Terbesar Senilai Rp398 Triliun

  1. Wedarijaksa

Peringkat pertama sebagai daerah paling sempit di Kabupaten Pati Jawa Tengah ditempati oleh Kecamatan Wedarijaksa.

Luas wilayah Wedarijaksa memang cukup besar, dan hal ini mengakibatkan dimekarkannya wilayah ini menjadi Wedarijaksa dan Trangkil.

Setelah pemekaran, luas wilayah Kecamatan Trangkil kini hanya tersisa 40,85 km persegi. Situasi ini memungkinkan pemerintah untuk lebih fokus dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini.

Baca juga: Kriuk! Ini Dia Resep Pangsit Goreng Gurih dan Renyah, Camilan Favorit yang Cocok Dimakan Pakai Lauk Apapun!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU