Pecah Belah, Inilah 3 Calon Provinsi Baru Hasil Pemekaran Wilayah Jawa Timur! Cek Daerahmu Masuk Provinsi Mana!

Pecah Belah, Inilah 3 Calon Provinsi Baru Hasil Pemekaran Wilayah Jawa Timur! Cek Daerahmu Masuk Provinsi Mana!

pemekaran-pexels.com/@tom-fisk-pexels.com/@tom-fisk

REDAKSI.co.id - Dalam beberapa waktu terakhir, sorotan publik tertuju pada rencana pemekaran wilayah di Jawa Timur yang berpotensi memisahkan provinsi ini menjadi tiga bagian yang baru dan independen.

Rincian wacana ini melibatkan pembentukan Provinsi Blambangan, Provinsi Jawa Selatan atau Provinsi Mataraman, serta Provinsi Madura.


Wacana ini, yang terjadi bukan hanya di Jawa Timur, juga dapat ditemui di daerah lain seperti Lampung Tengah yang telah mendapat persetujuan dari DPRD setempat dan menanti persetujuan dari pemerintah pusat.

Rencana pemekaran wilayah ini dipicu oleh sejumlah alasan yang berkaitan dengan pemberdayaan administrasi penduduk, kemajuan sektor perekonomian, pertanian, infrastruktur, dan banyak aspek lainnya.

Baca juga: Kapan Update Manga My Dress Up Darling? Simak Jadwal Terbaru Baca Manga My Dress Up Darling Chapter 97 Sub Indo Hanya di Situs Legal Ini


×

Pemekaran wilayah diharapkan akan membuka peluang baru bagi pengembangan daerah serta peningkatan kualitas hidup penduduk di setiap provinsi yang terbentuk.

Rincian mengenai pemekaran wilayah di Jawa Timur ini mencakup tiga provinsi yang berdiri mandiri:

1. Provinsi Blambangan

Provinsi Blambangan, salah satu hasil pemekaran, diharapkan akan mencakup wilayah Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, dan Kota Probolinggo.

Meski masih dalam wacana, ibu kota provinsi ini diharapkan akan berada di Jember.

Baca juga: Langganan Para Jin! Warung Terpencil di Ponorogo ini Terkenal Ramai Walaupun Terletak di Tengah Hutan, Benarkah untuk Tempat Pesugihan?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU