49 Km dari Yogyakarta! Kota Ini Punya Mitos yang Buat Warga Resah, Pulung Gantung di Gunung Kidul Buat Warganya Keluar dari Desa?

49 Km dari Yogyakarta! Kota Ini Punya Mitos yang Buat Warga Resah, Pulung Gantung di Gunung Kidul Buat Warganya Keluar dari Desa?

horor-mike-ralph/pexels-

Pulung Gantung, menurut kepercayaan, adalah entitas gaib yang diyakini ada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Dipicturkan sebagai bola api berwarna kekuningan dengan buntut, Pulung Gantung dikatakan muncul di atas rumah seseorang.


Konon, jika fenomena bola api ini terlihat melayang di atas atap, tak lama kemudian ada yang akan meninggal dengan cara gantung diri. Tentu saja, konsep ini cukup menakutkan.

Selama bertahun-tahun, Pulung Gantung telah menjadi sumber kecemasan bagi warga Gunung Kidul. Kepercayaan bahwa munculnya bola api ini membawa pertanda buruk telah menghantuinya.

Namun, sebenarnya, dari mana asal usul fenomena ini? Seorang peneliti dari Universitas Gadjah Mada pernah membuka fakta ilmiah bahwa sebenarnya ini adalah fenomena alami yang dapat dijelaskan.


×

Baca juga: Cuma Jual Nasi Pecel! Warung Unik di Tengah Hutan di Ujung Sawah di Ponorogo ini Ramai Pembeli, Akibat Harganya yang Murah Dijamin Gak Bikin Boncos Kantong!

Baca juga: Berdiri Sejak 1988 Tambang Batu Bara Tertua di Indonesia ini ada di Kalimantan Timur yang Dijuluki Raja Batu Bara Dimiliki Oleh WNI Kelahiran Negeri Singapura

Cahaya tersebut berasal dari reaksi antara fosfor dan kapur yang banyak terdapat di daerah tersebut. Tidak terkecuali, Gunung Kidul merupakan daerah yang kaya akan batu kapur.

Pada periode 2003-2012, sejumlah kasus bunuh diri dengan metode gantung terjadi di Gunung Kidul. Ternyata, menurut para akademisi, fenomena Pulung Gantung tidak ada kaitannya dengan tindakan tersebut.

Mereka berpendapat bahwa motif kematian ini lebih berhubungan dengan kemiskinan, keterbelakangan, dan minimnya pendidikan.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU