Menuju Provinsi Baru? Identifikasi 5 Wilayah Berpotensi Pemekaran di Indonesia! Apakah Daerah Tempatmu Termasuk? Yuk, Cek Sekarang!

Menuju Provinsi Baru? Identifikasi 5 Wilayah Berpotensi Pemekaran di Indonesia! Apakah Daerah Tempatmu Termasuk? Yuk, Cek Sekarang!

Ilustrasi pemekaran kota-cskkkk/pixabay-

Redaksi.co.id - Menuju Provinsi Baru? Identifikasi 5 Wilayah Berpotensi Pemekaran di Indonesia! Apakah Daerah Tempatmu Termasuk? Yuk, Cek Sekarang!

Tak henti-hentinya geliat pemekaran wilayah yang berpotensi menjelma menjadi provinsi-provinsi baru di Indonesia terus membara dan banyak menyita perhatian publik terkait wacana pemekaran.


Meskipun langkah resmi dari pemerintah pusat untuk mencabut moratorium masih terkendali, tak sedikit daerah yang telah menebar usulan gagasan tentang Daerah Otonomi Baru (DOB) yang mereka idamkan.

Baca juga: Sulawesi Selatan Siap Berpisah Jadi Tiga Provinsi yang Terhubung Lewat Pemekaran dan Gabungan Wilayah, Siapa Diantaranya?

Baca juga: Saha Eta? 96 Km dari Bandung, Kota Kecil Ini Sempat Dihebohkan Foto Google Maps Adanya Kapal Karam Misterius di Pantai Cibangban, Kok Bisa?


×

Rangkaian niat baik ini bukan tanpa tujuan yang jelas. Salah satu misi dari gencarnya pengajuan calon provinsi baru adalah untuk merengkuh pelayanan pemerintah yang lebih efektif dan merata, menjembatani kesenjangan pembangunan yang masih terasa di sebagian wilayah negeri ini.

Dinamika dalam upaya membentuk daerah otonomi baru, termasuk provinsi yang senantiasa berdenyut seperti detak jantung bangsa, terus mengalir dalam ritme pembaharuan.

Saat petualangan ini dicatat hingga tahun 2023, Indonesia kini telah mengukir namanya dalam peta dengan 38 provinsi yang berjajar mulai dari pesisir Aceh hingga ujung timur Papua, berikut ulasan 5 wilayah berpotensi pemekaran.

Baca juga: Pelabuhan Internasional Bajoe Terletak di Kabupaten Bone Didapat dari Hasil Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan

Baca juga: Baca Manhwa Weak Hero Chapter 262 Terbaru Sub Indo, Baca di Webtoon Bukan Komikindo Beserta Jadwalnya

Wujud kesatuan dalam keberagaman tergambar nyata, seperti lukisan indah yang menghias kanvas sejarah. Sebuah babak baru ditorehkan pada tahun 2022 lalu, di mana empat provinsi muda beranjak dewasa di Pulau Papua: selamat datang Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU