Wacana Terkini! Rencana Pemekaran Jawa Tengah dengan Melibatkan Provinsi Jasela, Ada 1 Kota dan 4 Kabupaten yang Siap Bersatu?

Wacana Terkini! Rencana Pemekaran Jawa Tengah dengan Melibatkan Provinsi Jasela, Ada 1 Kota dan 4 Kabupaten yang Siap Bersatu?

Ilustrasi kota-fjaka/pixabay-

Redaksi.co.id - Wacana Terkini! Rencana Pemekaran Jawa Tengah dengan Melibatkan Provinsi Jasela, Ada 1 Kota dan 4 Kabupaten yang Siap Bersatu?

Rencana pemekaran wilayah yang melibatkan Provinsi Jawa Tengah dan menghasilkan kelahiran Provinsi Jawa Selatan, atau yang lebih akrab disebut Jasela, kini tengah menghiasi percakapan kita sehari-hari.


Provinsi Jawa Tengah, yang notabene menjadi provinsi terbesar ketiga di Pulau Jawa, memancarkan pesona luasnya yang mencapai 34.337,48 kilometer persegi.

Baca juga: Semarang Kalah Jauh, Indramayu Punya 9 Nama Desa Unik yang Berasal dari Kat-Kata Nyentrik Nomor 3 Sering Digunakan Cewek-Cewek Saat Bertengkar

Baca juga: Kapan Jadwal Tayang Live Action One Piece Season 2 Sub Indo Full Episode Streaming Netflix? Cek Info Berikut Lengkap Link Nonton Terbaru!


×

Tidak hanya itu, jumlah penduduknya yang mencapai 37 juta jiwa pada tahun 2022, terhampar indah di 29 kabupaten dan 6 kota yang tersebar di seluruh penjuru provinsi ini.

Percikan wacana Jasela pun berawal dari pandangan Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Abdul Kholik, dalam sebuah Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tanggal 29 Maret 2022.

Kisah ini memberikan kita gambaran mengenai potensi besar yang Jasela tawarkan. Jasela, yang direncanakan akan muncul sebagai bagian selatan dari Jawa Tengah, akan mengelilingi wilayah administratif dengan kekayaan luar biasa.

Karesidenan Banyumas menjadi bagian yang turut dielus oleh tangan pemekaran ini, menghimpun Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Purwokerto dalam satu dekapan erat.

Baca juga: Kisah Kelam Tragedi Bangkrutnya Pabrik Karet Terbesar di Indonesia yang ada di Bengkulu, 20 Tahun Berdiri Kini Hanya Sisakan Puing-Puing Penuh Misteri, PHK 201 Pekerja

Baca juga: Sejarah Si Manja, Jembatan di Sumut yang Menghubungkan Desa-Desa Fenomenal dengan Riwayat Jalan Esktrim se-Indonesia Ternyata Dulunya Bekas Rel Kereta Api

Namun, tak hanya itu, usulan berani ini juga sejalan dengan perkembangan tiga poros ekonomi yang menjadikan Jawa Tengah semakin gemilang.

Poros utara dengan jantung ekonomi Semarang, poros timur yang menitipkan pusat ekonomi di Solo Raya, serta poros selatan dengan riak-riak ekonomi Banyumas Raya atau Purwokerto.

Betapa ambisiusnya mimpi ini, yang bertujuan tak lain adalah menghidupkan potensi terpendam, membagi kue pembangunan secara adil, merangkul masyarakat dengan pelayanan lebih dekat, dan menjadikan kesejahteraan penduduk semakin menari di atas angin.

Sebagai bonusnya, dari balik layar pemekaran ini, terbentang potret menarik yang mengusik rasa ingin tahu kita. Kota Purwokerto, yang menjelma sebagai ibu kota Kabupaten Banyumas, tak hanya memikat dengan julukan kota pelajar, kota satria, atau kota pensiunan.

Makanan khasnya, mendoan, turut menambah daya pikat, dengan citarasa tempe goreng setengah matang yang sulit terlupakan.

Beralih ke Kabupaten Banyumas, potret wilayah seluas 1.329,02 kilometer persegi menggoda dengan 27 kecamatan dan 331 desa yang menyimpan sejuta kisah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU