Alcatraz Indonesia? Kabupaten Terluas di Provinsi Jasela yang Membuat Anda Tertanya-tanya, Mari Kita Telusuri Asal Usulnya!

Alcatraz Indonesia? Kabupaten Terluas di Provinsi Jasela yang Membuat Anda Tertanya-tanya, Mari Kita Telusuri Asal Usulnya!

Ilustrasi kota-Pfüderi/pixabay-

Pantai ini dulu menjadi habitat dan tempat berkembang biak penyu, yang menjadi asal nama Teluk Penyu.

Pengunjung yang beruntung mungkin akan menyaksikan tradisi sedekah laut yang dilakukan secara rutin oleh nelayan setempat.


Di sekitar pantai, berbagai fasilitas telah didirikan untuk kenyamanan pengunjung, termasuk hotel, toko oleh-oleh, serta tempat untuk membeli ikan asin dan hasil laut lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati hidangan lezat dari hasil laut yang segar di restoran-restoran di sekitar area ini. Tak heran, mengingat Cilacap memiliki potensi perikanan yang melimpah dan memberikan kontribusi besar bagi daerah ini.

Dengan karakteristiknya yang unik sebagai kabupaten terluas di Provinsi Jasela yang kaya budaya dan sumber daya alam, Cilacap dengan bangga memamerkan pesonanya.


×

Baca juga: Rekomendasi Sepatu League Wanita Di Bawah Harga Rp500 Ribu yang Cocok untuk Fitness, Gym Hingga Aerobik Murah Meriah Muntah, Ladies Siapkan Uangmu!

Baca juga: Jembatan Keberak di Kalimantan Barat: Kisah Pembangunan yang Menghubungkan Tiga Kampung yang Terbengkalai Selama 15 Tahun yang Habiskan Dana 19 Miliar

Pulau Nusakambangan dan keindahan Pantai Teluk Penyu menjadi magnet tak tertandingi bagi pengunjung yang mencari pengalaman luar biasa. Cilacap bukan hanya sekadar kabupaten, melainkan sebuah cerita menarik yang menunggu untuk dijelajahi.

Selain pesona Cilacap, rencana pemekaran wilayah juga tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Rencana ini melibatkan Provinsi Jawa Tengah dan akan membentuk Provinsi Jawa Selatan, yang dikenal sebagai Jasela.

Menariknya, Jawa Tengah sendiri menempati posisi sebagai provinsi terbesar ketiga di Pulau Jawa, membentang di atas lahan seluas 34.337,48 kilometer persegi. Jumlah penduduknya pada tahun 2022 mencapai 37 juta jiwa, tersebar di antara 29 kabupaten dan 6 kota yang ada.

Baca juga: Perkembangan Terbaru: Kota Literatur Kuno di Jambi Berencana Memperluas Wilayahnya dengan Menambah 2 Kabupaten, Bukan Menggagas Provinsi Baru?

Usulan mengenai calon Provinsi Jasela muncul melalui pandangan Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Abdul Kholik, dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan di Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tanggal 29 Maret 2022.

Berdasarkan rencana tersebut, Provinsi Jasela akan membentuk wilayah administratif di bagian selatan Jawa Tengah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU