Alcatraz Indonesia? Kabupaten Terluas di Provinsi Jasela yang Membuat Anda Tertanya-tanya, Mari Kita Telusuri Asal Usulnya!

Alcatraz Indonesia? Kabupaten Terluas di Provinsi Jasela yang Membuat Anda Tertanya-tanya, Mari Kita Telusuri Asal Usulnya!

Ilustrasi kota-Pfüderi/pixabay-

Baca juga: Kabar Terbaru: Rencana Pemekaran Wilayah di Jambi, Apakah Benar Kota Literatur Kuno Ini Akan Menambah 2 Kabupaten dan Bukan Membentuk Provinsi Baru?

Wilayah ini juga akan mencakup beberapa kabupaten yang masuk dalam Karesidenan Banyumas, yaitu Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Purwokerto.


Usulan pemekaran ini sejalan dengan pengembangan tiga poros ekonomi di Jawa Tengah, yaitu poros utara dengan pusat ekonomi di Semarang, poros timur dengan pusat ekonomi di Solo Raya, serta poros selatan dengan pusat ekonomi di Banyumas Raya atau Purwokerto.

Pemekaran ini bertujuan untuk mengembangkan potensi daerah, meratakan hasil pembangunan, memberikan pelayanan yang lebih dekat dengan masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan penduduk.

Selain itu, dari perspektif pemerintahan, pemekaran juga dianggap dapat meningkatkan efektivitas karena memungkinkan pengelolaan wilayah yang lebih terfokus dan terdekat.


×

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU