Berita Wacana! Usulan Pembentukan Enam Provinsi Baru di Pulau Kalimantan dalam Pemekaran Wilayah, Mewujudkan Visi Kaltara?

Berita Wacana! Usulan Pembentukan Enam Provinsi Baru di Pulau Kalimantan dalam Pemekaran Wilayah, Mewujudkan Visi Kaltara?

Ilustrasi kota-Sonnenuntergang/pixabay-

Provinsi Kapuas Raya

Provinsi Kalimantan Barat juga tengah berupaya untuk memperluas wilayahnya dengan membentuk Provinsi Kapuas Raya. Sebanyak lima kabupaten telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan provinsi baru ini.


Kelima kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sintang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Sekadau. Rencananya, ibukota Provinsi Kapuas Raya akan berada di Kabupaten Sintang.

Provinsi Kotawaringin

Pembentukan Provinsi Kotawaringin sebagai pemekaran dari Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah menjadi wacana yang menarik.


×

Baca juga: Gerak-Gerik Mencurigakan Pelaku Pembunuh, Semua Anggota Keluarga di Setagaya Tewas Mengenaskan, Ada yang Dicurigai?

Baca juga: Manhwa The Reincarnated Assassin is a Genius Swordsman Chapter 19 Bahasa Indonesia, Baca di Link Legal Bukan Komicast atau Komikindo

Lima kabupaten, yaitu Kabupaten Seruyan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kabupaten Sukamara, dan Kabupaten Lamandau, telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan provinsi baru ini.

Rencananya, ibukota Provinsi Kotawaringin akan berlokasi di wilayah Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan.

Provinsi Barito Raya

Provinsi Barito Raya menjadi sebuah wacana penting dalam pemekaran wilayah di Kalimantan. Provinsi ini akan terbentuk dari kolaborasi antara Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU