Berita Wacana! Usulan Pembentukan Enam Provinsi Baru di Pulau Kalimantan dalam Pemekaran Wilayah, Mewujudkan Visi Kaltara?

Berita Wacana! Usulan Pembentukan Enam Provinsi Baru di Pulau Kalimantan dalam Pemekaran Wilayah, Mewujudkan Visi Kaltara?

Ilustrasi kota-Sonnenuntergang/pixabay-

Redaksi.co.id - Berita Wacana! Usulan Pembentukan Enam Provinsi Baru di Pulau Kalimantan dalam Pemekaran Wilayah, Mewujudkan Visi Kaltara?

Pemekaran provinsi di Indonesia menjadi topik menarik dalam ranah politik dan pemerintahan belakangan ini. Salah satu usulan yang mendapat perhatian adalah pembentukan Provinsi Kalimantan Tenggara atau yang lebih akrab disebut Provinsi Kaltara.


Rencana ini akan menggabungkan dua provinsi besar, yaitu Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Selatan. Tidak hanya itu, setidaknya lima kabupaten akan berkolaborasi dengan provinsi baru tersebut.

Baca juga: Dugaan Penyebab Tragedi Tragis Lift Resort Bali Putus dan Tewaskan 5 Orang, Benarkah Tali Putus dan Rem Rusak?

Baca juga: Waduh! Stop Pake LK21 dan IndoXX1 Bisa Bahaya, Ini 15 Link Nonton Film Gratis dan Mudah, Dijamin Nonton Makin Seru


×

Kelima kabupaten yang akan menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Tenggara adalah Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Penajam, dan Kabupaten Kotabaru. Dalam perencanaan ini, Kabupaten Kotabaru akan menjadi ibukota yang mempesona.

Provinsi Ketapang

Pemekaran juga mewarnai Provinsi Kalimantan Barat, dengan usulan pembentukan Provinsi Ketapang atau Provinsi Tanjungpura. Nantinya, satu kota dan empat kabupaten akan menjadi bagian dari Provinsi Ketapang.

Baca juga: Gerak-Gerik Mencurigakan Pelaku Pembunuh, Semua Anggota Keluarga di Setagaya Tewas Mengenaskan, Ada yang Dicurigai?

Baca juga: Kreasi Resep Unggulan Olahan Telur dan Sosis yang Menggugah Selera, Harga Terjangkau Bikin Lidah Bergoyang, Ini Dia!

Kota Ketapang, yang sebelumnya adalah Kabupaten Ketapang, akan menjadi pusat pemerintahan baru ini.

Selain itu, Kabupaten Tumbang Titi, Kabupaten Hulu Aik, Kabupaten Jelai Kendawangan Raya (yang semuanya merupakan pemekaran dari Kabupaten Ketapang), dan Kabupaten Kayong Utara akan turut serta dalam pembentukan provinsi ini.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU