Wacana Pembentukan Enam Provinsi Tambahan di Pulau Kalimantan: Akankah Pengaruh Terhadap Perubahan Peta Wilayah?

Wacana Pembentukan Enam Provinsi Tambahan di Pulau Kalimantan: Akankah Pengaruh Terhadap Perubahan Peta Wilayah?

Ilustrasi pemekaran kota -jcx516/pixabay-

Lima kabupaten, yaitu Kabupaten Seruyan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kabupaten Sukamara, dan Kabupaten Lamandau, telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan provinsi baru ini.

Rencananya, ibukota Provinsi Kotawaringin akan berlokasi di wilayah Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan.


Provinsi Barito Raya

Provinsi Barito Raya menjadi sebuah wacana penting dalam pemekaran wilayah di Kalimantan. Provinsi ini akan terbentuk dari kolaborasi antara Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Lima kabupaten, yakni Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Murung Raya, akan menjadi bagian dari Provinsi Barito Raya.


×

Rencananya, ibukota provinsi ini akan berada di wilayah Muara Teweh Kabupaten Barito Utara.

Baca juga: Dugaan Penyebab Tragedi Tragis Lift Resort Bali Putus dan Tewaskan 5 Orang, Benarkah Tali Putus dan Rem Rusak?

Provinsi Sambas Raya

Terakhir, Provinsi Sambas Raya menjadi salah satu usulan pemekaran dari Provinsi Kalimantan Barat. Saat ini, satu kota dan tiga kabupaten telah bergabung dengan Provinsi Daerah Otonomi Baru (DOB) ini.

Baca juga: Kronologi Tali Lift di Resort Bali Putus dan Tewaskan Lima Orang Pegawai, Kapolsek Ubud Beri Penjelasan

Kota Singkawang, Kabupaten Sambas Utara, Kabupaten Bengkayang, dan Kabupaten Sambas akan menjadi bagian dari Provinsi Sambas Raya yang menjanjikan.

Pemekaran provinsi di Kalimantan ini membawa harapan baru bagi perkembangan daerah-daerah tersebut. Semoga langkah-langkah ini dapat memajukan wilayah-wilayah tersebut dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat setempat.

***
Editor: Rizki Maulana
TAG: #pemekaran wilayah #provinsi pulau kalimantan #suku asli #pulau seribu sungai
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU