Wacana Pembentukan Enam Provinsi Tambahan di Pulau Kalimantan: Akankah Pengaruh Terhadap Perubahan Peta Wilayah?

Wacana Pembentukan Enam Provinsi Tambahan di Pulau Kalimantan: Akankah Pengaruh Terhadap Perubahan Peta Wilayah?

Ilustrasi pemekaran kota -jcx516/pixabay-

Redaksi.co.id - Wacana Pembentukan Enam Provinsi Tambahan di Pulau Kalimantan: Akankah Pengaruh Terhadap Perubahan Peta Wilayah?

Indonesia terus bergerak maju dengan usul-usul pemekaran provinsi yang semakin marak terjadi di Kalimantan.


Terutama Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Selatan yang akan membentuk Provinsi Kalimantan Tenggara atau yang sering disebut Provinsi Kaltara.

Simak berikut adalah perkembangan terkini mengenai usulan pemekaran provinsi di Kalimantan:

Baca juga: NO SENSOR! Spoiler Manhwa Please Lay Your Eyes on Jasmine Chapter 20 Bahasa Indonesia, Baca di Situs Legal Bukan Zinmanga


×

Baca juga: Kronologi Tali Lift di Resort Bali Putus dan Tewaskan Lima Orang Pegawai, Kapolsek Ubud Beri Penjelasan

Provinsi Ketapang

Pemekaran juga mewarnai Provinsi Kalimantan Barat, dengan usulan pembentukan Provinsi Ketapang atau Provinsi Tanjungpura. Nantinya, satu kota dan empat kabupaten akan menjadi bagian dari Provinsi Ketapang.

Kota Ketapang, yang sebelumnya adalah Kabupaten Ketapang, akan menjadi pusat pemerintahan baru ini.

Selain itu, Kabupaten Tumbang Titi, Kabupaten Hulu Aik, Kabupaten Jelai Kendawangan Raya (yang semuanya merupakan pemekaran dari Kabupaten Ketapang), dan Kabupaten Kayong Utara akan turut serta dalam pembentukan provinsi ini.

Baca juga: Kronologi Tali Lift di Resort Bali Putus dan Tewaskan Lima Orang Pegawai, Kapolsek Ubud Beri Penjelasan

Baca juga: Profil dan Biodata Cak Imin Calon Wakil Presiden Anies Baswedan Pada Pilpres 2024, Simak Karir Politik Ketua PKB Ini

Provinsi Kapuas Raya

Provinsi Kalimantan Barat juga tengah berupaya untuk memperluas wilayahnya dengan membentuk Provinsi Kapuas Raya. Sebanyak lima kabupaten telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan provinsi baru ini.

Kelima kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sintang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Sekadau. Rencananya, ibukota Provinsi Kapuas Raya akan berada di Kabupaten Sintang.

Provinsi Kotawaringin

Pembentukan Provinsi Kotawaringin sebagai pemekaran dari Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah menjadi wacana yang menarik.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU